PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP NEGERI 17 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Putri Yulia, Mohamad Luqman

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
perbedaankemampuan komunikasi matematis siswa yang diajardengan model pembelajaran
quantum tipe Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dan model pembelajaran konvensional pada
siswa kelas VII SMP Negeri 17 Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Quasi Eksperimen (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Batam. Pada penelitian ini sampel yang digunakan
adalah kelas VIIDdankelas VIIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji prasyaratkemudiandilanjutkan menggunakan rumus Separated Varians(Uji t). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa harga thitung = 2,18 sedangkan harga ttabel = 1,66. Karena harga
thitung> ttabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat
perbedaanyang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dan Model
pembelajarankonvensionaldi SMP Negeri 17 Batam.
Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran quantum tipe visual
auditory kinesthetic (VAK)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.191

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.