PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN TEKNIK SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ANANDA BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yesi Gusmania, Rahmat Wahyudha

Abstract


Berdasarkan observasi di SMP Ananda Batam menunjukan bahwa interaksi
pembelajaran dalam kelas relatif masih rendah dan berlangsung satu arah. Siswa di kelas
cenderung pasif, tidak berani menggungkapkan pendapat atau pertanyaan, dan motivasi siswa
dalam mengikuti pembelajaran rendah. Hasil ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa
SMP Ananda Batam semester 1 menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal
ulangan masih rendah yaitu dari 39 siswa tersebut hanya 50% yang memperoleh nilai minimal
60 dengan standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar nilai 67. Fakta tersebut dapat
diasumsikan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dalam
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran question students have dengan teknik snowball throwing terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Ananda Batam tahun pelajaran 2013/2014. Kemudian dapat
dilihat perbedaan model pembelajaran question students have dengan teknik snowball
throwing dengan model konvensional.Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek
penelitian siswa kelas VII SMP Ananda Batam tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yaitu
tes pilihan ganda yang dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Hasil
pengolahan data tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 72,188, sedangkan
kelompok kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 65,625. Artinya ada peningkatan aktifitas
siswa dalam pelajaran matematika melalui model pembelajaran question students have
dengan teknik snowball throwing di kelasa eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran question
students have dengan teknik snowball throwing terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kelas
VII SMP Ananda Batam tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Question Students Have, Teknik Snowball Throwing,
Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.194

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.