PERBANDINGAN METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Citra Cumala Dewi, Ismarti Ismarti, Nyamini Nyamini

Abstract


Berdasarkan survei pendahuluan, hasil belajar matematika siswa Kelas VIII MTs
Negeri Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 masih di bawah KKM dan perlu ditingkatkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pembelajaran menggunakan
metode make a match dengan metode talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas VIII MTs Negeri Batam tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian quasi eksperimental. Desain penelitiannya adalah posttest only control
group design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Batam. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian
yang diberikan berupa tes tertulis (posttest) yang diberikan sebanyak 25 soal. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Fisher
untuk menguji homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis.
Hasil penghitungan normalitas data pada kelas eksperimen I diperoleh nilai
sehingga pada kelas eksperimen I datanya berdistribusi
normal. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai
sehingga pada kelas eksperimen II data berdistribusi normal. Hasil penghitungan
homogenitas data diperoleh , maka variansnya adalah
homogen. Uji hipotesis 1 diperoleh nilai artinya metode
make a match efektif terhadap hasil belajar matematika. Uji hipotesis 2 diperoleh nilai
artinya metode talking stick efektif terhadap hasil belajar
matematika siswa. Pada uji hipotesis 3 diperoleh nilai
artinya terdapat perbedaan antara penggunaan metode make a match dengan metode talking
stick terhadap hasil belajar matematika siswa. Pada hipotesis 4 dapat dilihat berdasarkan
penghitungan pada hipotesis 3 nilai dan berdasarkan
perolehan nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa, dimana pada kelas make a
match diperoleh nilai rata-rata 87,57 dan persen ketuntasan 86% dan pada kelas talking stick
diperoleh nilai rata-rata 80,82 dan persentase ketuntasan 77%. Disimpulkan bahwa metode
pembelajaran make a match memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode
talking stick pada pokok bahasan balok.
Kata Kunci: Make A Match, Talking Stick, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.195

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.