EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fauzan Jafri, Dewi Adrila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas metode pembelajaran Make A
Match dan metode pembelajaran Talking Stick ditinjau dari hasil belajar. Penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Two Group
Randomized Subject Post Test Only dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Batam pada
semester II tahun pelajaran 2014/2015dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 2.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan one sample t-test untuk hipotesis 1 dan 2 sedangkan untuk hipotesis 3
menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)
Metode make a match efektif jika ditinjau dari hasil belajar matematika pada pokok bahasan
menghitung luas permukaan dan volume kubus siswa kelas VIII SMP negeri 11 batam tahun
pelajaran 2014 / 2015. (2)Metode talking stick tidak efektif jika ditinjau dari hasil belajar
matematika pada pokok bahasan menghitung luas permukaan dan volume kubus siswa kelas
VIII SMP negeri 11 batam tahun pelajaran 2014 / 2015. (3) Terdapat perbedaan efektifitas
metode make a match dan metode talking stick jika ditinjau dari hasil belajar matematika
pada pokok bahasan menghitung luas permukaan dan volume kubus siswa kelas VIII SMP
negeri 11 batam tahun pelajaran 2014 / 2015.
Kata kunci: Efektivitas Metode Pembelajaran, Metode Make A Match, Metode Talking Stick

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.198

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.