Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara

Syarifah Hanum Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2). Interaksi antara pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan berpikir kritis metematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian ini adalah. Kelas XI RPL (25 siswa) diajarkan dengan PBM dan kelas XI TKJ (25 siswa) diajarkan dengan konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah Fhitung = 194,507  > Ftabel = 3,40. (2). Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir kritis matematis Fhitung = 1,318 < Ftabel = 3,40 dengan sig = 0,278.

Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, KAM, dan kemampuan berpikir kritis.

 


Full Text:

PDF

References


Ajai, J. T, dkk. 2013. Comparison of the Learning Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) and Conventional Method of Teaching Algebra. Journal of Education and Practice. Vol. 4 No. 1. ISSN 2222 – 1735.

Akinsola, M. K & Exekiel O. 2014. Effects of Mnemonic and Prior Knowledge Instructional Strategies on Students Achievement in Mathematics. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No. 7.

Einav, A & Diana, C. 2015. Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities : Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education. USA: Towson University. Text Book. No. 6, pp. 455-462.

Hasibuan, S. H & Edy Surya. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara Medan. T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan Saung Guru. Bandung: UPI Bandung . Vol 8 No. 2. ISSN 2086-7484.

KTSP. 2006. Standar Isi SMK/MAK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permendiknas. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Permendikbud. 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

PISA . 2016. Results In Focus 2015. USA:OECD.

Santyasa, I. W. dkk. 2014. Analisis Kebutuhan Pengembangan Model-Model Student-Centered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 3 No. 1. ISSN: 2303-288X.

Siregar, J. T. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, Universitas Negeri Medan. Vol. 7 No. 2 hal 25-39.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.