Analisis Kemampuan Berpikir Van Hiele Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Perspektif Gender

Mutiara Pertiwi, Eyus Sudihartinih

Abstract


Geometri merupakan salah satu bidang kajian dalam kurikulum matematika sekolah karena geometri mempelajari berbagai konsep geometris yang digunakan dalam materi matematika lainnya dan berbagai bidang keilmuan lainnya. Teori berpikir geometri van Hiele menyatakan terdapat lima tahap berpikir siswa dalam bidang geometri, yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpikir geometri van Hiele level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), dan level 2 (deduksi informal) pada siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari perspektif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Intsrumen yang digunakan adalah tes yang setiap butir soalnya mewakili satu tahap berpikir geometri van Hiele dan wawancara. Tes dan wawancara dilakukan kepada 4 orang siswa SMP di salah satu sekolah di Jawa Barat yang terdiri dari 2 orang siswa perempuan dan 2 orang siswa laki-laki pada tahun ajaran 2019/2020 yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan keempat siswa berada pada level 2 (deduksi informal) berpikir geometri van Hiele. Siswa perempuan sedikit lebih baik dalam mengenali sifat-sifat bangun datar segiempat dibandingan siswa laki-laki. Dan tidak ada perbedaan yang menonjol antara kemampuan berpikir geometri van Hiele siswa perempuan dan siswa laki-laki.

Full Text:

PDF

References


Budiman, H. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Prisma, 4(8), 28–40.

Darta. (2013). KEMAMPUAN DEDUKSI MATEMATIKA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNPAS (STUDI KASUS UNTUK TAHAP BERPIKIR DEDUKSI GEOMETRI DARI VAN HIELE). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 16–21.

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2014). IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR GEOMETRI SISWA SMP NEGERI 2 AMBARAWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE. Satya Widya, 30(2), 96–103. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p96-103

Maharani, A., Sulaiman, H., Aminah, N., & Rosita, C. D. (2019). Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012066

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). ANALISIS KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66.

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’jidah, C. (2016). LEVEL BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM HASANUDDIN DAU MALANG. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Pengembangan, 1(5), 978–983.

Pebruariska, A., & Fachrudin, A. D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat ditinjau dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Aksioma, 9(1), 21–28.

Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 9–20.

Santia, I. (2011). CARA BERPIKIR GEOMETRIS SISWA DALAM MENENTUKAN HUBUNGAN ANTAR BANGUN SEGIEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DIDASARKAN PADA TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. JMEN: Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 145–158.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PROSES PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TAHAPAN BERPIKIR VAN HIELE. Mosharafa, 6(2), 287–298.

Situmorang, M. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 2 SORKAM. Jurnal Handayani, 3(1), 88–96.

Sudihartinih, E., & Mulyana, E. (2014). Perkuliahan Geometri Transformasi Dengan Pendekatan Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika, 3(1), 12–16.

Sudihartinih, E., & Wahyudin. (2019). The van hiele levels of geometric of students in first semester reviewed from gender. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042034

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry, CDASSG Project.

Utami, M. W., Setiawan, T. B., & Oktavianingtyas, E. (2016). Tingkat Berpikir Geometri Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember Materi Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele ditinjau dari Hasil Belajar Matematika ( The Level of Geometry ’ s Thinking in VII-B SMP Negeri 1 Jember Material Quadrilateral According Van Hiel. Jurnal Edukasi UNEJ, 3(2), 43–47.

Weaver-Hightower, M. (2003). The “Boy Turn” in Research on Gender and Education. Review of Educational Research, 73(4), 471–498. https://doi.org/10.3102/00346543073004471




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.