PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN MAKE A MATCH DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 27 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fitrah Amelia, Erlinda Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara metode pembelajaran team quiz dan metode make a match. Penelitian ini dilakukan di SMP N 27 batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 27 batam. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahawa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dikenai metode pembelajaran team quiz dengan siswa yang dikenai metode pembelajaran make a match. Berdasarkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajarnya diperoleh kesimpulan bahwa metode team quiz menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode make a match dengan nilai rata-rata siswa yang dikenai metode pembelajaran team quiz sebesar 77, 15 sedangkan rata-rata siswa yang dikenai metode make a match sebesar 73,40.

This study aims to determine the difference methods learning team quiz and methods make a match been reviewed from the learning students. This study was conducted in smpn 27 batam. The kind of this research is quasi experiment design. The population in this study is all students of class VII SMPN 27 batam. Samples taken by cluster random sampling so obtained class VII.2 as the experiments 1 and class VII.3 as the experiments 2. Data analysis with t-test two samples. Based on the results of the analysis data obtained the conclusion that there are differences in the study students were charged methods learning tem quiz with students were charged methods learning make a match. Based on the value of the average and completness his studies obtained the conclusion that the learning team quiz produce results learn better than the make a match with the value of an average of students learning charged team quiz of 77,15 while the average student charged methods make a match of 73,40
Keywords: team quiz method, make a match method, the result of studying mathematics


Full Text:

PDF

References


Puguh Handoyo. (2004). Peningkatan Hasil Belajar Materi Luas Bangun datar Melalui Model Kooperatif STAD dan Kuis Pada Siswa Kelas VI SDN Rangkah VI Surabaya, 2337-3253. Diambil pada tanggal 20 Februari 2015, dari http://dispendik.surabaya.go.id/surabayabelajar/jurnal/199/7.6.pdf

Riduwan, (2011). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

& Sunarto. H. (2012). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.246

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.