Deskripsi kualitas pembelajaran matematika dari penggunaan aplikasi zoom pada kelas VII

Yusrianto Yusrianto, Andi kaharuddin, Nining Hajeniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran matematika melalui penggunaan aplikasi ZOOM dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SMP Negeri 1 Wawotobi dengan sampel kelas VII dari Teknik simple random sampling. Pengumpulan data terdiri atas kuesioner, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran menggunakan aplikasi ZOOM  secara keseluruhan memperoleh hasil yang baik dengan kategori sedang pada siswa dan guru Kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi. artinya melalui aplikasi ZOOM, proses pembelajaran dapat menghasilkan mutu yang baik.

Keywords


Deskripsi; Aplikasi ZOOM; Kualitas Pembelajaran Matematika; SMP Negeri 1 Wawotobi

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145-152.

Auliya, R. N. 2016. Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Jupri, A. (2018, July). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 303-314).

Kaharuddin, A. (2018). Effect of problem based learning model on mathematical learning outcomes of 6th grade students of elementary school accredited B in Kendari city. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2).

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). An Identification of Students’ Responses Based on Solo Taxonomy in Mathematics Learning Toward Learning Activities and Learning Outcomes. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191-200.

Kaharuddin, A., Tulak, T., Magfirah, I., & Ode, R. (2021). Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Dalam Pendidikan?. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 57-61.

Kresnawati, N. (2014). Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 298-303.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Pythagoras, 9(2), 205-218.

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra, 1(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor: 440/6342 tentang “Penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di masa pandemi covid-19 di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara”. Kendari, 10 Desember 2020.

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Yogyakarta: UNY.

Weiser, O., Blau, I., & Eshet, Y. 2016. The role of pedagogy, media and students’ personality in synchronous learning: comparing face-to-face and videoconferencing participation. Inted2016 proceedings, 5005–5005.

Wijaya Kusuma, J., & Hamidah. 2020. Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform whatsapp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid 19 | kusuma | jipmat.

Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2014). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.