Korelasi antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa

Desi Istiqa Yanti, Mu'jizatin Fadiana

Abstract


Matematika merupakan salah satu ilmu yang ada disetiap jenjang, namun kenyataannya siswa masih sering merasakan cemas saat harus mempelajarinya. Kecemasan matematika sangat berpengaruh terhadap prestasi dan juga sikap siswa terhadap matematika. Siswa yang mengalami kecemasan matematika maka akan cenderung kurang dalam menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini siswa yang berada dalam kondisi seperti ini maka kemampuan siswa dalam berpikir logispun akan berpengaruh karena dapat menyerang aspek fisiknya, seperti kegelisahan dan kegugupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecamasan matematika dan kemampuan berpikir logis secara parsial dan simultan terhadap pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Pengumpulan data kecemasan matematika diperoleh dari kuesioner sedangkan data kemampuan berpikir logis dan pemahaman konsep matematis diperoleh dari tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan pemahaman konsep matematis. 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan pemahaman konsep matematis. 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa.


Keywords


kecemasan matematika, kemampuan berpikir logis, pemahaman konsep matematis

Full Text:

PDF

References


Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infin. J. 3, 125–132 (2014).

Anita, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2020, February). Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 3, No. 1, pp. 206-211).

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Auliya, R. N. (2020). Hubungan Antara Self-Efficacy, Kecemasan Matematika, Dan Pemahaman Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Rosalina, C. D. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373-383.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32.

Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 179-188.

Fadiana, M., Amin, S. M., & Lukito, A. (2019, March). How concrete operational student generalize the pattern?: use semiotic perspective. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.

Fadiana, M. (2016). Strategi Generalisasi Pola Siswa SMP Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Matematika X Tahun.

Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Hubungan Antara Pemahaman Konsep Dan Kecemasan Menghadapi Mata Kuliah Teori Grup dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 156-163.

Husna, A. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 5(2).

Noor, F. (2017). Kecemasan dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169-177.

Olaniyan, O. M., & Salman, M. F. (2015). Cause of Mathematics Phobia among Senior High School Students: Empirical Evidence from Nigeria. Journal of the African Educational and Research Network, 1(15), 50-56.

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety and How To Reduce It). PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 3(2).

Wahyudin. (2010). Monograf: Kecemasan Matematika. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI

Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100.

Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The effects of mathematics anxiety on matriculation students as related to motivation and achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 27-30.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.