Korelasi Kemandirian dan Motivasi Belajar Masa Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

Illa Janatun, Bambang Priyo Darminto, Erni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk memutuskan apakah ada: (1) hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; (2) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI TKRO SMK Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan informasi menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil belajar matematika diambil dari hasil PAS siswa kelas X TKRO tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; (2) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; (3) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK. Signifikansi positifnya adalah semakin tinggi kemandirian belajar, motivasi belajar matematika siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa selama pembelajaran daring dan sebaliknya semakin rendah kemandirian belajar, motivasi belajar matematika siswa maka semakin rendah pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa selama pembelajaran daring.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Awaluddin, H. A., & Samsudin. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.51339/akademika.v3i1.303

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Firman, F., & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Jazari, H. R., GS, B., & BU, B. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–11.

Pinahayu, E. A. R. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Eksponen dan Alternatif Pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 182–191. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.642

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putra, A., & Syelitiar, F. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Sepren, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490

Rahmadhani, E. (2019). Guru Melek Teknologi: Pelatihan Pembuatan Media Berbasis Macromedia Flash. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 165–169. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1088

Safitri, W. R. (2016). Analisis Korelasi Pearson dalam Menentukan Hubungan antara Kejadian Demam Berdarah Dengue dengan Kepadatan Penduduk di Kota Surabaya pada Tahun 2012 - 2014 Pearson Correlation Analysis to Determine The Relationship Between City Population Density with Incident Dengue Fever of Surabaya in The Year 2012-2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 21–29.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Santoso, E. (2020). Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Karawang Tahun Pelajaran 2019-2020). Jurnal Education and Development, 8(3), 197–202.

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159–164.

Woi, M. F., & Prihatni, Y. (2019). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Teacher in Educational Research, 1(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.