Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar ditinjau dari gender berdasarkan tahapan newman

Karina Pratiwi, Siti Inganah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentinnya kemampuan pemecahan masalah bagi siswa. Tujuan penulisan paper ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Dasar ditinjau dari gender berdasarkan tahapan Newman.. Pengambilan data dilakukan di daerah Lamongan dengan subjek siswa SD kelas VI yang dipilih secara random. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes dan wawancara. Berdasarkan Hasil dari uji coba lapangan didapat bahwa (1) subjek laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki kemampuan verbal yang baik yang dapat dilihat dari sesi wawancara; (2) siswa laki-laki dan perempuan langsung menyelesaikan soal tanpa menulis soal perencanaan, walaupun melalui hasil wawancara, barulah dapat diketahui strategi apa yang akan digunakan; (3) subjek perempuan menjawab soal tes dengan langkah-langkah cukup detail dibandingkan subjek laki-laki; (4)  siswa laki-laki kurang teliti dalam melakukan penulisan hasil yang tepat, sementara itu subjek perempuan menuliskan jawaban dengan tepat. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam keterampilan pemecahan matematika tetapi tidak signifikan.

Keywords


pemecahan masalah, tahapan newman, gender

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.