Pengembangan assesmen HOTS pada pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education

Nur Rahmi Rizqi, Minta Ito Simamora, Yulia Hafni

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) pembelajaran garis dan sudut pada siswa kelas 7 SMP Al Washliyah Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perluasan perangkat dan merumuskan tes HOTS dalam bentuk deskriptif berdasarkan pembelajaran matematika yang sebenarnya berdasarkan kriteria assesment. Jenis penelitian ini berbentuk Research and Development. Proses ekspansi evaluasi dengan mengembangkan model 4-D istilah define, design, develop dan disseminate. Untuk disseminate, tidak ada implementasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data adalah pemantauan dan eksperimen. Penilaian digunakan dalam penelitian adalah alat uji dan lembar validasi. Diketahui bahwa tes valid yang berasal akan memiliki peringkat validator pada lembar validasi, yang menunjukkan bahwa review yang dikembangkan adalah baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama tahap pengembangan, ditemukan bahwa penilaian tes berbasis Realistic Mathematics Education konsisten dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu valid dan reliabel karena rhitung>0,434 dan tingkat kesulitan tes termasuk kategori sedang dan mudah, serta daya pembeda secara keseluruhan instrumen tesnya bagus karena lebih besar dari 0,2.


Keywords


Pengembangan, HOTS, RME

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 87–96. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Hutabarat, R. (2019). PENINGKATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) KELAS IV SD NEGERI 167959 KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. ESJ (Elementary School Journal), 9(2), 159–169.

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Putra, J. D., & Sibarani, P. A. (2015). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Berbasis Lks Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Baptis Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PHYTAGORAS, 4(1), 28–38.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Soraya, F. Y. U. C. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Matematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdn Rawajati 06 Pagi. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 87–94. https://doi.org/10.12928/jpsd.v5i1.12569

Sujoko, E., & Darmawan, I. P. A. (2013). REVISI TAKSONOMI PEMBELAJARAN BENYAMIN S. BLOOM I Putu Ayub Darmawan. Jurnal Satya Widya, 29(1), 30–39.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.