Analisis kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh di SMP

Betris Maswekan, Dafid Slamet Setiana, Muhammad Irfan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik dan mengetahui faktor penyebab kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang memiliki kategori tingkat kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara untuk mengukur tingkat kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang dilihat berdasarkan enam indikator kemandirian belajar dibagi dalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Peserta didik kategori kemandirian belajar tinggi berjumlah 4 orang, peserta didik kategori kemandirian belajar sedang berjumlah 5 orang, dan peserta didik kategori kemandirian belajar rendah berjumlah 2 orang. Dari tiga kategori tersebut secara umum peserta didik kelas VIII SMP di Yogyakarta hanya memenuhi sebagian indikator kemandirian belajar yang diukur dalam penelitian ini. 2) Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik yaitu faktor internal berupa motivasi, disiplin, minat, serta faktor eksternal yaitu faktor lingkungan sekolah dan keluarga. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh di SMP di Yogyakarta masih perlu untuk ditingkatkan baik dari dalam diri peserta didik maupun dari luar diri agar peserta didik memiliki prestasi belajar matematika yang baik selama pembelajaran jarak jauh.


Keywords


Kemandirian belajar peserta didik; Matematika; Pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. A., & Oktava, M. S. (2020). Telaah Polemik Pembatasan Sosial Berskala Besar ditinjau dari Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. Jurnal Muhakkamah, 5(1), 29-37.

Basri, H. (2008). Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya Cet. IV. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 9(1), 48-54. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2293

Hali, F. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Analisis Kompleks Di Tengah Pandemi Covid-19. Sultra Educational Journal, 1 (2), 1-6.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2013). Improving Instruments of Students Self-Regulated Learning. J. Pendidik. Mat. Univ. Negeri Yogyakarta.

Izzati, N. (2017). Penerapan PMR pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30-49 https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.283

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Oktarin, S., Auliandari, L., & Wijayanti, T. F. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA YKPP Pendopo. Bioeduscience, 2(2), 104. https://doi.org/10.29405/j.bes/22104-1152493

Putra, A., & Syelitiar, F. (2021). Systematic Literatur Review : Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Serpren. 02(02), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309-1317.

Sari, N. K., & Himmi, N. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–59. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1784

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui. 8(1), 29–35.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.