Pengembangan LKS elektronik berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa SMP/MTs pada materi himpunan

Indah Mulya Cahyani, Maimunah Maimunah, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa memahami konsep secara mandiri melalui bahan ajar cetak khususnya pada materi himpunan. Materi himpunan berkaitan dengan kegiatan sehari-hari yang sering dijumpai siswa. Pembelajaran hendaknya diawali dengan memberikan masalah nyata di kehidupan sehari-hari untuk memberikan stimulus agar siswa mampu menemukan sendiri konsep dan memahami konsep dengan baik. Oleh karena itu, diperlukannya pendekatan kontekstual atau disebut dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran yang mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan kegiatan sehari-hari, sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS elektronik berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa SMP/MTs pada materi himpunan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Tahapan model 4-D terdiri dari Define, Design Develop dan Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKS elektronik dan angket respon siswa. Hasil penilaian LKS elektronik oleh 3 validator memperoleh nilai rata-rata total validasi sebesar 3,58 dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil penilaian LKS elektronik dari respon siswa memperoleh nilai rata-rata total praktikalitas sebesar 3,60 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS elektronik berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa SMP/MTs pada materi himpunan telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: LKS Elektronik, CTL, Kemampuan Pemahaman Matematis


Full Text:

PDF

References


Ananda Dyah Kusumaningrum, Eliza Verdianingsih dan Fitri Umardiyah. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis E-book pada Materi Himpunan untuk Siswa Kelas VII MTs/SMP. Journal of Education and Management Studies, Vol. 2, No. 5: 35-44.

Armis dan Suhermi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas VII Semester 1 SMP/MTs Materi Bilangan dan Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 5, No. 1: 25-42.

Dian Novitasari. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Vol. 2, No. 2: 8-18.

Endang Mulyatiningsih. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Indri Lestari. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1: 26-36.

Liza Moreno. 2018. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2, No. 6: 1401-1428.

Lussy Midani Rizki, Risnawati dan Zubaidah Amir MZ. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Siswa SMP/MTs. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, Vol. 4, No. 6: 400-409.

Pattimura SC, Maimunah, Nahor Murani Hutapea. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 04, No. 02: 800-812.

Ratna Sariningsih. 2014. Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 3, No. 2: 150-163.

Revvy Dasari. 2018. Pengembangan LKS Elektronik Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ufi Dwidarti, Helti Lygia Mampouw, Danang Setyadi. 2019. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 03, No. 02: 315-322.

Yulis Purwanto & Swaditya Rizki. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. 4, No.1: 67-77.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.