Peningkatan Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Melalui Metode Discovery dan Lembar Kerja Peserta Didik Siswa SMPN 38 Batam

Zainani Arianti, Gusfawati Gusfawati, Tuti Siadari

Abstract


Pelajaran matematika yang selama ini selalu dianggap sulit dan menakutkan bagi siswa, berdasarkan hal tersebut guru mengupayakan sebuah solusi dengan mengupayakan penggunaan metode penemuan ( discovery) dan LKPD pada proses pembelajaran untuk dapat meningkatjan hasil belajar   dan minat belajar  siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematikar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan Objek penelitian adalah Siswa dan siswi kelas IX-b SMP Negeri 38 Batam. Instrumen penelitian minat menggunakan kuesioner dan  untuk hasil belajar menggunakan model tes tulis setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan ( discovery) dan LKPD. Analisis data penelitian dengan menggunakan perhitungan frekuensi dan Chi Square/χ2  dengan SPSS Versi 24. Hasil penelitian menunjukkan pada minat belajar siklus I kategori baik  terdapat 19 siswa (47.5%) dan siklus II terdapat 33 siswa (57,5%), artinya terjadi  peningkatan sebesar 10%, sedangakan siswa yang kategori sedang  19 siswa ( 47,5% ) berkurang pada siklus II menjadi 5 siswa  ( 2,5% ), dengan demikian terdapat peningkatan minat belajar siswa  dari sedang menjadi baik. Hasil belajar pada siklus I kategori tuntas terdapat 24 siswa (60%) dengan rerata nilai 72,725% dan  siklus II terdapat 33 siswa (82,5%) dengan  rerata  nilai siswa 77,10 %, terjadi peningkatan 22,5% siswa tuntas. Dari hasil perolehan siklus I dan siklus II terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa.

 


Keywords


Minat Belajar; Hasil Belajar, Metode pembelajaran discovery; Lembar kerja penilaian peserta didik

Full Text:

PDF

References


Colin Carmichael. 2010 "Statistical literacy in the middle school: The relationship between interest, self-efficacy and prior mathematics achievement”

Kartini ( 2020) “Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students.

Heleni, S., & Zulkarnain. (2018). The Influence of Mathematical Thinking Ability with Modified MOORE Method on Learning Outcomes of Basic Mathematic II Chemical Education Students. Journal of Educational Sciences, 2(2), 33-41.

Hendriana, H., Eti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Khan, Tasneem, Kevin Johnston, and Jacques Ophoff. 2019. “The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students.” Advances in Human-Computer Interaction 2019. https://doi.org/10.1155/2019/7208494.

Kusum Singh,Monoque Grand ville dan Sandra Dika ( 2013). thematics and Science Achievement: Effects of Motivation, Interest, and Academic EngagementKhomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92-106.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noorsalim, Mohd, St Halimah Nurdiniah, and Parham Saadi. 2014. “Implementasi Pembelajaran E-Learning Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Kelas Xi Ipa 1 Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Di Sman 12 Banjarmasin.” QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 5 (1): 99–110.

Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Mosharafa, 6(2), 267-272.

Suarman, Hendripides, & Hikmah, N. (2018). Development of Innovative Teaching Materials through Scientific Approach. Journal of Educational Sciences, 2(2), 14-22.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Suci putri ,Edwin Musdi dan Yuni Ahda ( 2018). Validity of Guided Discovery Models-Based Learning Devices to Improve Mathematical Problem-Solving Ability

Sugeng Nugroho (2014) "Pemanfaatan Mobile learning Game Barisan dan Deret Geometri Untuk Meningkatkan Minat dan hasil Belajar Matematika SMA Kesatrian 1 Semarang ( Jurnal)

Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yennita, Khasyyatillah, I., Gibran, & Irianti, M. (2018). Development of Worksheet Based on High-Order Thinking Skills to Imporove High-Order Thinking Skills of the Students. Journal of Educational Sciences, 2(1), 37- 45.

Yulius, B., Irwan., & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Dengan Masalah Open Ended Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Jurnal Mosharafa, 6(2), 279-286.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.