Peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode resitasi pada siswa sma

Sita Nurhayati, Erni Puji Astuti, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan metode pembelajaran resitasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Purworejo, yaitu sebanyak 36 siswa. Peneltian ini dilaksanakan 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan, angket, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian diperoleh bahwa kemandirian belajar siswa dengan kriteria minimal baik pada siklus I sebanyak 17 siswa atau sebesar 47,22%  dan pada siklus II sebanyak 30 siswa atau sebesar 83,33%. Jadi dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 13 siswa atau sebesar 36,11 % dengan rerata kemandirian belajar pada siklus II sebesar 80,15% dan sudah mencapai target minimal 76%. Kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I terdapat 18 siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kriteria minimal baik atau sebesar 50% dan pada siklus II sebanyak 27 siswa atau sebesar 75%. Jadi dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 9 siswa atau sebesar 25% dengan rerata kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus II sebesar 85,53% juga  sudah mencapai target minimal 76%. Dengan demikian penerapan metode Resitasi pada pembelajaran matematika mampu meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Kata kunci: kemandirian belajar, pemecahan masalah matematika, resitasi


Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195-222.

Akbar, B., Safrudin, N., & Trijayanto, M. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dengan Metode Resitasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Waigete. Birunimatika: Jurnal Matematika Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 26-32.

Ali, M. & Asrori, M. (2018). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Akasara.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Budi, S. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Prakarya dan Kewirausahaan dengan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) di Kelas XIIK MAN Wates I Kabupaten Kulon Progo. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 51-62.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869-877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Nur, S., & Kartini, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Materi Persamaan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 47-56. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2928

Nurmala, A., & Mulyadi, A. (2014). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri Setia Darma 04 Tambun Selatan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2). 55-61.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya Offset.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan . New York: Mc Graw Hill.

Sari, D. A., Kantun, S., & Djaja, S. (2019). Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 13(1), 109-115. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10429

Sari, M., Oktafia, M., & Febria, N. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 101-112. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2991

Sejati, T. (2021). Peningkatan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Mata Pelajaran Kimia menggunakan Platform Google Classroom. Al asma: Journal of Islamic Education, 3(1), 134-144. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21049

Suhandi, A., & Kurniasri, D. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 125-137. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972

Yusliana, R. (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi dalam Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kampar Utara. (Disertasi Doktoral, University of Islamic State Sultan Syarief Kasim Riau, 2012). Diakses dari http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2356




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.