Praktikalitas dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika

Putri Yulia, Gemmi Santoso

Abstract


Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi geomerti dan pengkuran. Penelitian ini bertempat pada SMP Negeri 4 Sungai Penuh dilakukan pada kelas VII dengan jumlah siswa 159  orang. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan (Development Research) dengan jenis pengembangan Instructional Development Institute (IDI). Pengembangan instruksional model IDI menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem. Ada tiga tahapan besar pendekatan sistem, yaitu penentuan (define) atau analisis kebutuhan, pengembangan (develop), dan evaluasi (evaluate).  Hasil dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis berbasis etnomatematika pada materi geomerti dan pengkuran dinyatakan sudah praktis  dan efektif menurut pengamat, guru dan siswa.  LKPD ini mudah digunakan, bermanfaat, menarik. Pada umumnya siswa menyenangi mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD ini

Kata Kunci: Efektifitas, Etnomatematika, Lembar Kerja Peserta Didik, Praktikalitas

 

Abstract. The purpose of this study was to determine the practicality of student worksheets (LKPD) based on ethnomathematics on geometry and measurement materials. This study took place at SMP Negeri 4 Sungai Penuh and was conducted in class VII with 159 students. The research method used is development research (Development Research) with the type of development of the Instructional Development Institute (IDI). The instructional development of the IDI model applies the principles of a systems approach. There are three major stages of the systems approach, namely defining or analyzing needs, developing and evaluating. The results in this study are ethnomathematics-based worksheets on geometry and measurement material that have been declared practical and effective according to observers, teachers and students. This worksheet is easy to use, useful, interesting. In general, students like to follow the learning process by using this LKPD Keywords: Effectiveness, Ethnomatematics, Student Worksheets, Practicality

 

Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi geomerti dan pengkuran. Penelitian ini bertempat pada SMP Negeri 4 Sungai Penuh dilakukan pada kelas VII dengan jumlah siswa 159  orang. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan (Development Research) dengan jenis pengembangan Instructional Development Institute (IDI). Pengembangan instruksional model IDI menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem. Ada tiga tahapan besar pendekatan sistem, yaitu penentuan (define) atau analisis kebutuhan, pengembangan (develop), dan evaluasi (evaluate).  Hasil dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis berbasis etnomatematika pada materi geomerti dan pengkuran dinyatakan sudah praktis  dan efektif menurut pengamat, guru dan siswa.  LKPD ini mudah digunakan, bermanfaat, menarik. Pada umumnya siswa menyenangi mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD ini

Kata Kunci: Efektifitas, Etnomatematika, Lembar Kerja Peserta Didik, Praktikalitas

 

Abstract. The purpose of this study was to determine the practicality of student worksheets (LKPD) based on ethnomathematics on geometry and measurement materials. This study took place at SMP Negeri 4 Sungai Penuh and was conducted in class VII with 159 students. The research method used is development research (Development Research) with the type of development of the Instructional Development Institute (IDI). The instructional development of the IDI model applies the principles of a systems approach. There are three major stages of the systems approach, namely defining or analyzing needs, developing and evaluating. The results in this study are ethnomathematics-based worksheets on geometry and measurement material that have been declared practical and effective according to observers, teachers and students. This worksheet is easy to use, useful, interesting. In general, students like to follow the learning process by using this LKPD Keywords: Effectiveness, Ethnomatematics, Student Worksheets, Practicality


 


Full Text:

PDF

References


Dewi, E. kristiana, & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 7(2), 42–48.

Erita, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Realistic Mathematic education di Kelas VIII MTSN Model Sungai Penuh. In Conference Proceeding Icets 2016, 546.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi etnomatematika pada budaya masyarakat dayak perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23.

Nasution, E. Y. P., Gunawan, R. G., & Yulia, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 163–176.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dan TAI terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 47 Batam. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1–8.

Riduwan, M. B. A. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. In: Proceedings of the International Conference on University-Community Engagement, 715–726.

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165–172.

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. ALVABETA.

Tamur, M. (2012). No TitlePembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD: Mengintegrasikan Tarian Caci Ke Dalam Bahan Ajar Di STKIP St Paulus Ruteng-Flores NTT. Universitas pendidikan indonesia.

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9(1), 1–14.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta:, 1(1).

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Seminar Nasional, 1(1).

Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207–221.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.