So-mathec media pembelajaran mobile berbasis android studio pada pembelajaran matematika SMP/MTs

Anggreiny Jayanti, Suryo Hartanto, Asmaul Husna

Abstract


Perubahan sistem belajar offline menjadi online menjadikan media pembelajaran sulit digunakan, diperlukan upaya pengembangan media pembelajaran yang fleksibel berdasarkan waktu, tempat dan jumlah pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis android studio dengan nama So-MathEc yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu define, design, develop dan dessiminate. Subjek penelitian ini adalah dosen Prodi Pendidikan Matematika, guru Matematika SMP/MTs dan peserta didik kelas 9 SMP/MTs. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian ahli untuk uji validitas, lembar respon guru dan peserta didik untuk uji praktikalitas dan post-test untuk uji efektivitas. Seluruh  instrumen yang diterapkan pada subjek penelitian, telah dinyatakan valid oleh ahli. Instrument post-test dinyatakan reliabel dengan nilai ICC 0,798. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajran dinyatakan valid oleh pakar dengan skor rata-rata 3,59. Uji praktikalitas diperoleh dari lembar respon guru dan siswa yang menghasilkan derajat pencapaian 97,50% untuk guru, 89,89% untuk peserta didik, dan  93,70%. Rata-rata keseluruhan derajat pencapian pada kategori “sangat praktis” yang berarti bahwa media dapat dikategorikan praktis. Uji efektivitas  media berdasarkan hasil post-test peserta didik menunjukkan hasil 90% ketuntasan klasikal dengan kategori efektif. Berdasarkan  penelitian dapat disimpulkan  bahwa media pembelajaran So-MathEc yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid, efektif dan praktis

Keywords


R&D; mobile learning;andorid studio; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Mobile Learning) Berbasis Android. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 115–124.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Azwar. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 46–56. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4032

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 2019–2230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Garcia-Cabot, A., De-Marcos, L., & Garcia-Lopez, E. (2015). An empirical study on m-learning adaptation: Learning performance and learning contexts. Computers and Education, 82, 450–459. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.12.007

Hartanto, R. (2014). Kualitas Instrumen Asesmen Berbasis Kurikulum 2013 untuk Menilai Materi Ekologi SMA. 3(3), 528–531. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/9582/9454

Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Mobile Learning) Berbasis Android. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 115–124.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Azwar. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 46–56. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4032

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 2019–2230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Garcia-Cabot, A., De-Marcos, L., & Garcia-Lopez, E. (2015). An empirical study on m-learning adaptation: Learning performance and learning contexts. Computers and Education, 82, 450–459. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.12.007

Hartanto, R. (2014). Kualitas Instrumen Asesmen Berbasis Kurikulum 2013 untuk Menilai Materi Ekologi SMA. 3(3), 528–531. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/9582/9454

Hartanto, S. (2020). Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing). Deepublish.

Hartanto, S., Huda, A., Wulansari, R. E., & Mubai, A. (2022). The Design of Android-Based Interactive Lean Manufacturing Application to Increase Students ’ Work Skill in Vocational High School : The Development and Validity. February 2020, 130–139.

Huda, A., Azhar, N., Almasri, A., Wulansari, R. E., Mubai, A., Sakti, R. H., Firdaus, F., & Hartanto, S. (2021). Augmented Reality Technology as a Complement on Graphic Design to Face Revolution Industry 4.0 Learning and Competence: The Development and Validity. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(5), 116–126. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i05.20905

Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil- A Perairan. Buletin Oseanografi Marina, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924

Lubis, I. R., Solihah, M., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Mobile Learning “Chemondro” Berbasis Android sebagai Suplemen Belajar Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 468–477.

Lusiana Septia, Y., Nurcahyono, N. A., Siti Balkist, P., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 35–47.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.

Nandita Apsari, P., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Aksioma (Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro), 7(1).

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Parama Publishing. www.nuhamedika.gu.ma

Rukun. K, Huda.A, Hendriyani.Y, H. . (2015). Designing Interactive Tutorial Compact Disc (Cd) For Computer Network Subject. Jitta, 23(August), 59–84.

Sadiman, A. S., Raharjo, R., Haryono, H., & Harjito. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (1st ed.). Rajawali Pers.

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Thiagarajan, S., Gemmel, D. G., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Widyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembagan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.