PENGARUH METODE INTERACTIVE CONSEPTUAL INSTRUCTION (ICI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Donna Bonita, Jaya Dwi Putra, Fauzan Jafri

Abstract


Abstrak. Berdasarkan observasi, proses pembelajaran yang diterapkan guru di SMP Negeri 4 Batam masih kurang optimal dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga masih terbilang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode ICI terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, desain penelitian menggunakan model non-equivalent control group design Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah test dalam bentuk uraian yaitu pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Batam yang terdiri 9 kelas, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dipilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan metode ICI dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa Terdapat perbedaan pengaruh Metode ICI dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 18,00 sedangkan kelas kontrol yaitu 14,36 dari skor ideal 24. Sedangkan untuk rata-rata nilai indeks gain kelas eksperimen yaitu 0,45 sedangkan rata-rata nilai indeks gain kelas kontrol yaitu 0,32 dari skor ideal 1,00 dengan kualitas peningkatannya berada pada interpretasi sedang. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode ICI memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: Interactive Conceptual Instruction, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract. Based on the observation, the learning process which is implemented by teacher at SMPN 4 Batam were still less optimal in improving students’ mathematical communication ability, so that, it was still low.  The purpose of this research was to know the influence of ICI method toward the improvement of students' mathematical communication ability. This research was an Quasi Experimental research. The design of  research used Non-Equivalent Control Group Design. The method of collecting data and the instrument of the research was test. The test was formed an essay from pretest and posttest.  The population of this research was all of students at VIII grade in SMPN 4 Batam which consisted 9 classes.  The technique of colleting sample was puprosive sampling. It was choosen from class VIII B as experimental class which used ici method and class VIII C as control class which used conventional study. Based on data analysis result, it found that There is a difference of influence in ICI method with conventional study toward the improvement of students’ mathematical communication ability at VIII grade of SMPN 4 Batam in academic year 2015/2016. It was seen from the mean of posttest in experimental class was 18,00 and control class was 14,36 from ideal score 24. The mean of indeks gain value in experimental class was 0.45 and the mean of indeks gain value in control class was 0.32 from ideal score 1,00 with the quality of improvement was in average interpretation. From the result of the research, it could be concluded that ICI method gave influence in improving Students’ mathematical communication ability .

Keywords: Interactive Conceptual Instruction, Conventional Learning, Mathematical Communication Ability.

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Tujuan Umum Pembelajaran Matematika.

Dwi Panji Mahardika. (2014). Peranan Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1, 2355-0473.

Hilman Nuha Ramadhan. (2013). “Penerapan Strategi REACT dengan Berbantu Aplikasi Geogebra terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP”. Skripsi, Tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Jubilee Enterprise. (2014). SPSS untuk Pemula. Jakarta: Gramedia.

Lubis, S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf

Qohar, A. (2011). Mathematical Communication: What and How to Develop it in Mathematics Learning?. Proceeding at International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011, Yogyakarta State University: 978-979-16353-7-0

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Savinainen, A & Scott, P. (2002). Using the Force Concept Inventory to Monitor Student Learning and to Plan Teaching. Physics Education: 37 (1). IOP Publishing Ltd, www.iop.org/Journals/PhysEd

Sigit Mangun Wardoyo. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Utari Sumarmo. (2013). Kumpulan Makalah “Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.