Analisis butir soal ujian tengah semester mata kuliah probabilitas: Bagaimana kualitasnya?

Dita Aldila Krisma, Syita Fatih 'Adna

Abstract


Abstrak. Butir soal dalam suatu instrumen tes untuk asesmen pembelajaran perlu diketahui kualitasnya melalui karakteristik butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik butir soal pada instrumen tes Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah Probabilitas sehingga dapat diketahui butir soal yang sulit, butir soal yang membedakan kemampuan peserta tes, dan informasi kemampuan mahasiswa dalam mengusasi materi yang diujian sebagai dasar materi pertemuan setelah UTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang dipilih adalah mahasiswa sebanyak 124 mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2022/2023 yang mengambil mata kuliah Probabilitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi instrumen tes dan jawaban tes mahasiswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan program Quest, dianalisis berdasarkan teori tes klasik, dan selanjutnya dideskripsikan. Instrumen tes yang dianalisis sebanyak 15 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang memiliki 1 jawaban benar. Tingkat kesulitan butir soal pada soal UTS Probabilitas yaitu sedang sebanyak 4 butir soal atau sebesar 33,33% dan sulit sebanyak 11 butir soal atau sebesar 66,67%. Berdasarkan karakteristik estimisasi reliabilitas, estimasi reliabilitas subjek dengan koefisien 0,67 (tinggi) dan estimasi reliabilitas butir soal dengan koefisien 0,89 (sangat tinggi). Distraktor pada semua butir soal sebanyak 15 butir dapat berfungsi. Setelah mendapatkan data berdasarkan karakteristiknya, peneliti dapat mengetahui materi yang sulit bagi peserta tes, memberi masukan kepada peserta tes tentang kemampuannya dalam menguasai materi pada materi yang diujikan, dan pembuat soal dapat memperbaiki penyajian materi pada materi yang sama untuk semester berikutnya.

Kata kunci: Butir soal, instrumen tes, kualitas, ujian tengah semester

 

 


Keywords


pendidikan matematika; asesmen

Full Text:

PDF

References


Amelia, R. N. & Kriswantoro. (2017). Implementasi Item Response Theory sebagai Basis Analisis Kualitas Butir Soal dan Kemampuan Kimia Siswa Kota Yogyakarta. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 2(10), 1-12. https://doi.org/10.20961/jkpk.v2i1.8512

Anderson, G., & Arsenault, N. (2005). Fundamentals of Educational Research. USA: Taylor & Francis e-Library.

Argianti, A. & Retnawati, H. (2020). Characteristics of Math National-Standardized School Exam Test Items in Junior High School: What Must Be Considered?. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2),156–165. doi: 10.21831/pep.v24i2.32547.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ashraf, Z. A. & Jaseem, K. (2020). Classical and Modern Methods in Item Analysis of Test Tools. International Journal of Research and Review, 7(5), 397–403.

Cohen-Swerdlik. (2009). Educational Tests and Measurement: An Introduction. USA: Mc Graw Hill.

Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to Classical and Modern Test Theory. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Debeer, D. & Rianne, J. (2013). Modeling Item-Position Effects within an IRT Framework. Journal of Educational Measurement, 50(2), 164–85. doi: 10.1111/jedm.12009.

Doust, A.R, Waseem, A.K., & Al-Ghafri, M. (2021). An Item Analysis Study on TIMSS 2015 Mathematics Items of Omani and Iranian Students Comparison IRT and CDM Approaches. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 67(9):87–95. doi: 10.14445/22315373/ijmtt-v67i9p510.

Ebel, R. L., and D. A. Frisbie. (1986). Essentials of Educational Measurement. New Jersey: Prentice Hall.

Fathin, A. Z. & Retnawati, H. (2020). How Good Are the Characteristics of the Mathematics National Standardized School Examination Items in Vocational School?. Journal of Physics: Conference Series 1581(1). doi: 10.1088/1742-6596/1581/1/012029.

Fauzie, M., Pada, A. U. T., & Supriatno. (2021). Analysis of the Difficulty Index of Item Bank According to Cognitive Aspects during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 25(2):162–69. doi: 10.21831/pep.v25i2.42603

Gooding, S. (2009). Children’s Difficulties with Mathematical Word Problems. British Society for Research into Leaning Mathematics, 29, 31-36.

Guilford, J. (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Jusrianto, Zahir, A., & Megawati. (2018). Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 1(1): 1-9.

Kartowagiran, B., Munadi. S., Retnawati, H., & Apino, E. (2018). The Equating of Battery Test Packages of Mathematics National Examination 2013-2016. SHS Web of Conferences 42:00022. doi: 10.1051/shsconf/20184200022.

Khoshaim, H.B. & Rashid, S. (2016). Assessment of the Assessment Tool: Analysis of Items in a Non-MCQ Mathematics Exam. International Journal of Instruction, 9(1):119–32. doi: 10.12973/iji.2016.9110a.

Krisma, D. A., & Retnawati, H. (2020). The Final Semester Test of Mathematics Subject in Vocational High School, How Difficult Is It?. Journal of Physics: Conference Series 1581(1). doi: 10.1088/1742-6596/1581/1/012033.

Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kusumawati, M. & Hadi, S. (2018). An Analysis of Multiple Choice Questions (MCQs): Item and Test Statistics from Mathematics Assessments in Senior High School. Research and Evaluation in Education 4(1):70–78. doi: 10.21831/reid.v4i1.20202.

Maharani, A. V., & Putro, N. H. P. S. (2020). Item Analysis of English Final Semester Test. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 5(2), 491. https://doi.org/10.21462/ijefl.v5i2.302

Mardapi, D. (1998). Analisis Butir dengan Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir. Jurnal Kependidikan, 28(1): 25-34.

Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey: Pearson.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2014). Educational Assessment of Students Pearson New International Edition. 6th ed. England: Pearson.

Rao, C., Prasad, H. L.K., Sajitha, K., Permi, H., & Shetty, J. (2016). Item Analysis of Multiple Choice Questions: Assessing an Assessment Tool in Medical Students. International Journal of Educational and Psychological Researches 2(4):201. doi: 10.4103/2395-2296.189670.

Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). The Students’ Difficulties in Completing Geometry Items of National Examination. International Journal on New Trends in Education and Their Implications (IJONTE) 8(4):1–14.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Retnawati, H., Kartowagiran, B., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). Why Are the Mathematics National Examination Items Difficult and What Is Teachers’ Strategy to Overcome It?. International Journal of Instruction, 10(3):257–76. doi: 10.12973/iji.2017.10317a.

Reynolds, C. R., Livingston, R.B., & Wilson, V. (2009). Measuerment and Assessment in Education. 2nd ed. New Jersey: Pearson.

Santoso, A., Kartianom, & Kassymova, G. K. (2019). Kualitas Butir Bank Soal Statistika (Studi Kasus: Instrumen Ujian Akhir Mata Kuliah Statistika Universitas Terbuka). Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2):165–76. doi: 10.21831/jrpm.v6i2.28900.

Star, J. R., & Rittle-Johnson, B. (2009). It Pays to Compare: An Experimental Study on Computational Estimation. Journal of Experimental Child Psychology, 101:408–26.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparman. (2020). Terjadi Item Has Perfect Score. 9, 83–104

Syahrial & Haryanto. (2020). Function of Distractors in Mathematics Test Items on the Achievement Tests Based on the Rasch Model. (1):210–16. doi: 10.5220/0008519502100216.

Testa, S., Toscano, A., & Rosato, R. (2018). Distractor Efficiency in an Item Pool for a Statistics Classroom Exam: Assessing Its Relation with Item Cognitive Level Classified According to Bloom’s Taxonomy. Frontiers in Psychology 9(AUG):1–12. doi: 10.3389/fpsyg.2018.01585.

Wahyuni, R., & Nurhadi, D. (2018). Tipe-Tipe Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Aturan Eksponen Dan Scaffoldingnya: Studi Kasus Di Smkn 11 Malang. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya 41(2):173–86. doi: 10.17977/um031v41i22018p173.

Wang, Q, Wang, Z., & Osterlind, S.J. (2011). Modeling the Effects of Home and Student Factors on Text Comprehension. New Waves - Educational Research & Development 14(1):22–23.

Wu, M., Tam, H. P., & Jen, T. H. (2016). Educational measurement for applied researchers. Singapura: Springer




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.4959

 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.