Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata Umbul Senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang

Sintitia Autorita Nariswari, Wulan Izzatul Himmah, Muhammad Istiqlal

Abstract


Pokok bahasan matematika yang dirasa sulit bagi siswa adalah bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan penelitian Hasibuan (2018) dan penelitian Nursyamsiah (2020) yang menganalisis kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Maka dari itu dengan menerapkan pembelajaran matematika berbasis budaya (acuan budaya) akan membuat pengetahuan siswa menjadi lebih kompleks, meningkatkan keterampilan, dan sikap yang lebih baik. Budaya lokal yang diambil dalam penelitian ini adalah Umbul Senjoyo. Menurut sejarah, Umbul Senjoyo dipercaya sebagai lokasi persinggahan Raden Mas Karebet (Joko Tingkir) yang berasal dari kerajaan Pajang. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui konsep matematika yang memuat materi bangun ruang dengan objek berupa bangunan-bangunan di kawasan Umbul Senjoyo dan untuk melakukan implementasi etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jenis penelitian berupa penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode etnografi. Sumber data yang digunakan berjenis sekunder dan primer. Narasumbernya yaitu ahli budaya, juru kunci, dan guru matematika SMP. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis datanya mengacu pada model Miles dan Huberman (data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification). Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penemuan konsep matematika pada bangunan-bangunan di kawasan Umbul Senjoyo yang memuat konsep matematika geometri bidang datar (persegi, trapesium, segitiga, dan lingkaran) serta bangun ruang (kubus, limas, prisma, balok, dan silinder) maka dari itu peneliti menyusun LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk kelas VIII pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar sebagai bentuk implementasi.

Keywords


pendidikan matematika; etnomatematika; uinsalatiga

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.