Identifikasi kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika garis dan sudut

Mariyanti Elvi, Nur A.R. Siregar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai ulangan harian siswa yang disebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut berdasarkan tahapan Kastolan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 6 orang yang terdiri dari 2 orang kategori tinggi, 2 orang kategori sedang dan 2 orang kategori rendah. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes uraian dan lembar wawancara. Teknik analisis data meliputi memeriksa hasil jawaban siswa, mengelompokkan siswa berdasarkan kategori hasil belajar, melakukan wawancara siswa yang terpilih, mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konseptual dan kesalahan teknik. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa seperti kesalahan dalam menerapkan rumus, kesalahan perhitungan, kesalahan langkah-langkah penyelesaikan serta kesalahan dalam menuliskan informasi soal. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya tidak memahami konsep, kurang teliti dalam perhitungan dan terburu-buru dalam pengerjaan.

Keywords


garis dan sudut, kesalahan siswa, tahapan kastolan

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smpn 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Dzikril Hakim, I., & Galih Adirakasiwi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 70–87. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Fajriyati Afdila, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal LEMMA, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383

Firdaus, E.F., Amalia, S.R., Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika P. Matematika, 8(1), 542–558.

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002

Harahap, Z. I. S., Muchlis, E. E., & Maulidiya, D. (2019). Faktor – Faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tentang Luas Permukaan Kubus Dan Balok Kelas Viii Smpn 18 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 342–352. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.342-352

Hidayah, N., Darmono, P. B., Purwaningsih, W. I., Studi, P., Matematika, P., Purworejo, U. M., & Tengah, J. (2020). Pendahuluan Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses pembelajaran terutama saat mengerjakan soal . Tetapi siswa biasanya cenderung mengerjakan soal dengan satu cara penyelesaian sama dengan yang diberikan . 9(2), 114–123.

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Juhana Senjaya, A., Sudirman, & Supriyatno. (2017). Kesulitan-Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut Di Smp N 4 Sindang. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 11–28. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.32

Meilanawati, P., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan mahasiswa mengerjakan soal teori bilangan menurut tahapan kastolan ditinjau dari gender. Maju, 7(2), 182–190. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/518

Meutia, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Bilangan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik JI-MR, 31(1), 22–27. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index%0AANALISIS

Nopriana, T. (2015). FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581

Rochmawati, A., & Hariastuti, R. M. (2017). Amalisis Pemahaman Siswa Pada Pokok Bahasan Garis Dan Sudut Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, I(1), 1.

Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120–132. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458

Simangunsong, D. D., Gusmania, Y., & Husna, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Program Linier Dengan Prosedur Newman. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 148–157. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3525

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Seminar Nasional FMIPA, 5, 1–11. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335/Makalah 5 Desember UNY Jadi.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.