Keefektivan pembelajaran problem posing terhadap penguatan creative thinking siswa SMA

Muhammad Shofi, Enika Wulandari

Abstract


Creative thinking merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai siswa namun kondisi menunjukkan bahwa creative thinking belum dikuasai dengan baik. Penelitian ini akan memberikan penguatan literatur mengenai model pembelajaran yang dapat menguatkan creative thinking. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektivan pembelajaran pengajuan masalah terhadap penguatan kemampuan creative thinking siswa SMA. Penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, rancangan dengan kelompok kontrol hanya pascaperlakuan. Populasi adalah siswa SMA Negeri 1 Suruh kelas XI MIPA. Melalui clustered random sampling terpilih kelas XI MIPA 1 (kelompok eksperimen) dan kelas XI MIPA 2 (kelompok kontrol). Data diambil melalui tes dan observasi, instrumen berupa soal tes, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data pascaperlakuan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata. Data hasil observasi dikonversi menjadi persentase lalu dikategorikan menjadi skala kualitatif berdasarkan tabel kategori keterlaksanaan pembelajaran. Berdasar analisis data diketahui hasil uji perbedaan rata-rata postest kelompok eksperimen dan postest kelompok kontrol yaitu nilai sig.2 tailed 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak yang bermakna terdapat perbedaan rata-rata kemampuan creative thinking kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Mean difference kelompok eksperimen dan kelompok kontrol bernilai positif yaitu 12,60 berarti rata-rata kemampuan creative thinking kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan creative thinking kelompok kontrol. Pembelajaran pengajuan masalah terlaksana “sangat baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran pengajuan masalah efektif terhadap penguatan kemampuan creative thinking siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Suruh.

Keywords


kemampuan creative thinking, problem posing, siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Afrianingrum, S. D., & Rahayu, T. S. (2021). Meta analisis efektivitas model pembelajaran problem based learning dan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33503

Ardiningtyas, M., Halomoan Harahap, T., & Mardiana Panggabean, E. (2022). Penerapan teori Piaget dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas: studi kasus di sekolah SMA Negeri 3 Medan.

Arianti, N., & Pramudita, D. A. (2022). Implementasi pembelajaran abad 21 melalui kerangka community of inquiry dengan model think pair share. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.50290

Arifin, M. (2020). Learning management system (LMS) berbasis android era revolusi industri 4.0 penunjang creative thinking skill mathematics siswa. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2).

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan kompetensi 4C abad 21 dalam pendidikan di perguruan tinggi untuk menghadapi era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1).

Azzahra, T. S., Nindiasari, H., Aryoko, Z. F., Nur, Z., Amaliyah, A., Afifah, R. N., & Faizah, D. T. (2023). Analisis perkembangan kognitif siswa sma pada pembelajaran matematika. Wilangan, 4(1).

Baumanns, L., & Rott, B. (2022a). Developing a framework for characterising problem-posing activities: a review. Research in Mathematics Education, 24(1), 28–50. https://doi.org/10.1080/14794802.2021.1897036

Baumanns, L., & Rott, B. (2022b). The process of problem posing: development of a descriptive phase model of problem posing. Educational Studies in Mathematics, 110(2), 251–269. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10136-y

Cai, J., & Hwang, S. (2020). Learning to teach through mathematical problem posing: Theoretical considerations, methodology, and directions for future research. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.01.001

Darhim, Prabawanto, S., & Susilo, B. E. (2020). The effect of problem-based learning and mathematical problem posing in improving student’s critical thinking skills. International Journal of Instruction, 13(4). https://doi.org/10.29333/iji.2020.1347a

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2). https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran berbasis HOTS sebagai bekal generasi abad 21 di masa pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837

Faidah, S., Nafiah, N., Ibrahim, M., & Akhwani, A. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran problem posing. Jurnal Basicedu, 6(3), 3213–3221. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2573

Ida Bagus Putu Arnyana. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dan creative thinking) untuk menyongsong era abad 21. Prosiding Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Bayuwangi, 1(1).

Indahwati, D. S., & Abdullah, M. H. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. JPGSD, PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, 7(1).

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar padap embelajaran matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553

Jafri, F. (2015). Penerapan model problem posing tipe post solution posing dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMAN 2 Pariaman. Pythagoras, 4(1).

Jailani, & Sugiman. (2018). Higher order thinking skills: pengertian dan peningkatannya melalui problem based learning. In H. Retnawati (Ed.), Desain pembelajaran matematika untuk melatihkan higher order thinking skills (1st ed., pp. 2–24). UNY PRESS.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kumalasani, M. P., & Kusumaningtyas, D. I. (2022). Keterampilan abad 21 dalam model-model pembelajaran berpendekatan STEAM pada RPP tematik SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1).

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX . https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).

Novia, C. E., Wahyuni, R., & Husna, N. (2017). Efektivitas model problem posing untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi teorema pythagoras kelas viii SMP negeri 12 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.227

Pramesti, P. T., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Perbandingan model pembelajaran problem solving dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1039–1050. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.587

Pratiwi, E. W., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 878–886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.854

Retnawati, H. (2018). Peran matematika dan pendidikan matematika dalam memajukan kualitas sumber daya manusia guna membangun bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2).

Silver, E. A. (1994). On mathematical problem posing. For the Learning of Mathematics, 14(1). http://www.jstor.org/page/info/about/policies/terms.jsp

Sukestiyarno. (2020). Olah data penelitian pendidikan berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.

Sunardi, S., Kurniati, D., Sugiarti, T., Yudianto, E., & Nurmaharani, R. (2017). Pengembangan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA/MA kelas X semester 1. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9159

Supardi. (2015). Peran berpikir kreatif dalam prosespembelajaran matematika. Jurnal Formatif, 2(3).

Syafi, M., & Mardiana. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi fungsi linier melalui model pembelajaran problem posing. Pythagoras, 9(2).

Toheri, Winarso, W., & Haqq, A. A. (2020). Where exactly for enhance critical and creative thinking: The use of problem posing or contextual learning. European Journal of Educational Research, 9(2). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.877

Wulansari, W., Nurmilawati, M., Utami, B., & Christiono, E. B. (2020). Analisis validasi keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa biologi SMA kelas XI MIPA. Efektor, 7(1). https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14340

Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725

Zakaria. (2021). Kecakapan abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar masa pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.