PENERAPAN TEKNIK SPOTLIGHT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 2 PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT

Putri Yulia

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar hasil belajar matematika siswa lebih baik adalah menggunakan pembelajaran teknik spotlight. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah hasil belajar matematika menggunakan teknik spotlight lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian adalah eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pulau Punjung tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian  adalah kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol.  Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan reliabilitasnya 0,911.

Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 74,03 sedangkan kelas kontrol adalah 64,56. Pengujian hipotesis menngunakan uji-t satu pihak dengan bantuan software MINITAB diperoleh P-value 0,006 pada taraf nyata α=0.05, karena P-value < α maka hipotesis diterima. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan teknik spotlightlebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

Kata kunci: Penerapan, Teknik Spotlight, Pembelajaran, Matematika

Full Text:

PDF

References


Aleks Maryunis,. 2007. Statistika dan Teori Probalitas. Padang: FMIPA UNP

Depdiknas. 2001. Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Eman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: FMIPA UPI

Ginnis, Paul.2008. Trik dan Taktik Mengajar (Teacher’s Toolkit. Terjemahan). Jakarta: PT. Indeks

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA UNP

Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. 2003, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana.2004. Metode Statistik. Bandung: Tarsindo

Suharsimi Arikunto. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarata: Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata.2003.Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Syafriandi. 2001. Analisis Statistika Inferensial dengan Menggunakan Minitab. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Tim Penyusun. 2008. Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi. Padang: UNP Padang

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Perdana Media




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.