VARIASI SOAL MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Nadzifah Ajeng Daniyati

Abstract


ABSTRAK

Pada Standar Isi (SI) khususnya dalam pelajaran matematika untuk semua jenjang pendidikan dasar dan menengah dinyatakan bahwa tujuan mata pelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa mampu memahami konsep matematika, menggunakan penalaran, memecahkan masalah, mengomunikasikan gagasan, memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Salah satu metode yang mendukung tercapainya tujuan tersebut adalah metode problem  solving.

Metode problem solvingadalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih peserta didik dalam menghadapi berbagai masalah baik itu perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri dan atau bersama-sama. Menggunakan metode problem solving diharapkan siswa dapat berpikir kritis terhadap suatu masalah. Untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dapat dilakukan dengan memberikan variasi soal matematika.

Kegiatan seperti ini, diharapkan para siswa akan dapat memahami konsep, rumus, prinsip, dan teori-teori matematika sambil belajar memecahkan masalah. Intinya, suatu rumus, konsep, atau prinsip dalam matematika, seyogyanya ditemukan kembali oleh para siswa di bawah bimbingan guru (guided re-invention).

 

Kata Kunci: problem solving, berpikir kritis, pemecahan masalah, konsep matematika

Full Text:

PDF

References


Bellanca, James. 2011. 200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa – edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Kennedy, Leonard M., Tipps, S., & Johnson, Art. 2008. Guiding Children’s Learning of Mathematics – 11th ed. USA: Thomson Higher Education.

Permen Diknas No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permen Diknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Rusman. 2011. Seri Manajemen Sekolah Bermutu: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjana, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tim MKPBM. 2001. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Wijayanti, Djamilah B. 2009. Handout Matematika Diskret. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.