PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DENGAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Siska Wuryani, Yesi Gusmania, Farid Akhmad

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam dan sampel yang diambil adalah dua rombongan belajar yang terdiri dari kelas XI IPS.2 berjumlah 44 siswa  dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw dan kelas XI IPS.3 berjumlah 46 siswa dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran tipe TGT. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dengan menggunakan uji t (t-test) pada kelompok perlakuan dengan taraf signifikan yaitu α = 0,05 tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan model pembelajaran tipe TGT.   hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran tipe TGT dengan rata-rata nilai sebesar 76,52 dan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan rata-rata nilai sebesar 73,18.

 

Kata kunci:  Hasil Belajar Matematika, Jigsaw, TGT


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Djaali dam Muljono, P. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Nisa’, K. 2013. Skripsi: Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, TGT, dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Semarang: IKIP PGRI Semarang. http://library.ikippgrismg.ac.id/. [Diunduh Tanggal 7 Maret 2014 Jam 15.23 Wib]

Rasyid, H dan Mansur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sapa’at, A. 2007. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika: Penggunaan Metafora dalam Pembelajaran Matematika. http://www.Ipi-dd.net/web/download/. [Diunduh Tanggal 31 Januari 2014 Jam 17.11 Wib]

Siregar, S. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, W dan Endrayanto, P. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Graha Ilmu

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Taniredja, T., Faridli, E. M., dan Harmianto, S. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Cetakan 4. Jakarta: Kencana

Widyasari, A. W. 2012. Skripsi: Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP Negeri 2 Lendah Tahun Ajaran 2011/ 2012. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uinsuka.ac.id/. [Diunduh Tanggal 7 Maret 2014 Jam 15.42 Wib]

Yamin, M. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. 2013. Jakarta: Referensi

Yohanes. 2013. Diktat Model Pembelajaran: Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. Padang: Universitas Padang

Yuliana. 2013. Artikel Penelitian: Pengaruh Penerapan TGT Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 11 Ponkot. Pontianak: Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.