Peningkatan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy siswa melalui permainan tradisional “new damdaman”

Setiya Andriyani, Budi Pratikno, Sendi Ramdhani

Abstract


Matematika adalah mata pelajaran yang umum dipelajari oleh siswa di sekolah dasar, sekolah menengah, dan perguruan tinggi. Namun, matematika tetap dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi siswa. Studi ini menyelidiki bagaimana permainan tradisional New Damdaman berbasis etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa. Keterampilan matematika awal (KAM) siswa dinilai dari tiga sudut pandang (tinggi, sedang, dan rendah). Pengujian juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman dan efikasi diri matematis berhubungan satu sama lain. Studi ini menggunakan desain eksperimen semu, yang melibatkan dua desain kelompok: satu untuk kelompok eksperimen dan satu lagi untuk kelompok kontrol. Siswa SMP kelas VIII di SMP N 3 Kalimanah adalah subjek penelitian. Uji hipotesis menggunakan ANOVA, uji t-independent, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dididik melalui pendekatan berbasis etnomatematika yang menggunakan permainan tradisional New Damdaman lebih memahami konsep matematika dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol yang diajarkan metode konvensional. Dilihat dari kategori kemampuan awal matematika, terlihat bahwa siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika dan permainan tradisional New Damdaman meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep matematika. Pembelajaran berbasis etnomatematika dan pembelajaran konvensional memiliki tingkat efikasi diri matematis yang berbeda. Siswa memiliki korelasi yang positif antara pemahaman mereka tentang konsep matematis dan tingkat efikasi diri mereka.
Kata kunci: pembelajaran berbasis etnomatematika, pemahaman konsep matematis, permainan New dam-daman, efikasi diri matematis

Full Text:

PDF

References


Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61. https://doi.org/10.35450/jip.v7i1.117

Anugerah. Nur’aeni, E. H. (2018). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Persegi melalui Permainan Tradisional Dam-daman di Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 178–194. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric in Kefamenanu Community. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 23–30. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6253

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20–30.

Hasmatang. (2018). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Pesrta Didik. Prosiding Nasional Biologi, 1, 296–298. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10568/6190

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Kusumaningtyas, M. A., Hutahaean, A. A., Fischer, H. W., Pérez-Mayo, M., Ransby, D., & Jennerjahn, T. C. (2019). Variability in the organic carbon stocks, sources, and accumulation rates of Indonesian mangrove ecosystems. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 218(December), 310–323. https://doi.org/10.1016/j.ecss.2018.12.007

Moma, L. (2014). Peningkatan Self-Efficacy Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 434–444. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2387

Nariswari, S. A., Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2023). Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata umbul senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang Nariswari , Himmah & Istiqlal ; Eksplorasi etnomatematika … Pendahuluan Matematika dinilai sebagai mata pelajaran tersulit bagi siswa karena mat. 12(2), 140–151.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

RAHMADHANI, N. S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165–172.

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478

Widyastuti, E., & Widodo, S. (2018). HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA KEAKTIFAN SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DISEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SE-KECAMATAN UMBULHARJO. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:187297217




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.5945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.