Peningkatan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy siswa melalui permainan tradisional “new damdaman”
Abstract
Kata kunci: pembelajaran berbasis etnomatematika, pemahaman konsep matematis, permainan New dam-daman, efikasi diri matematis
Full Text:
PDFReferences
Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61. https://doi.org/10.35450/jip.v7i1.117
Anugerah. Nur’aeni, E. H. (2018). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Persegi melalui Permainan Tradisional Dam-daman di Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 178–194. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric in Kefamenanu Community. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 23–30. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6253
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20–30.
Hasmatang. (2018). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Pesrta Didik. Prosiding Nasional Biologi, 1, 296–298. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10568/6190
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669
Kusumaningtyas, M. A., Hutahaean, A. A., Fischer, H. W., Pérez-Mayo, M., Ransby, D., & Jennerjahn, T. C. (2019). Variability in the organic carbon stocks, sources, and accumulation rates of Indonesian mangrove ecosystems. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 218(December), 310–323. https://doi.org/10.1016/j.ecss.2018.12.007
Moma, L. (2014). Peningkatan Self-Efficacy Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 434–444. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2387
Nariswari, S. A., Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2023). Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata umbul senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang Nariswari , Himmah & Istiqlal ; Eksplorasi etnomatematika … Pendahuluan Matematika dinilai sebagai mata pelajaran tersulit bagi siswa karena mat. 12(2), 140–151.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
RAHMADHANI, N. S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165–172.
Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478
Widyastuti, E., & Widodo, S. (2018). HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA KEAKTIFAN SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DISEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SE-KECAMATAN UMBULHARJO. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:187297217
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.5945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.