Pengaruh Mathematical Beliefs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA

Ratri Isharyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mathematical beliefs terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA. Mathematical beliefs merupakan keyakinan siswa terhadap matematika. Pada penelitian ini akan dilihat bagaimana keyakinan siswa terhadap matematika yang tergambar dari keyakinan siswa terhadap matematika sebagai mata pelajaran, keyakinan mengenai belajar matematika dan keyakinan terhadap masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa pada salah satu kelas di SMAN 1 Rambah. Data yang dikumpulkan adalah data tentang mathematical beliefs melalui instrumen angket dan data hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian  dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi untuk mengetahui besar pengaruh dan hubungan mathematical beliefs terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Seluruh proses analisis data dibantu dan memanfaatkan Microsoft office excel 2013 dan program komputer SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan mathematical beliefs terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.