Hubungan Kesiapan Belajar Dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Nailul Himmi, Anggi Azni

Abstract


Abstrak.Penelitian ini dilakukan di SMP Kartini Batam II yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Jenis Penelitian korelasional dengan populasi seluruh siswa di SMP Kartini II Batam dan sampel siswa SMP kelas VIII Kartini II Batam Tahun Pelajaran 2016/2017 yang siambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus korelasi pearson product moment kemudian dilanjutkan dengan Uji F dan kemudian dibandingkan dengan Ftabel (α =5%) dengan bantuan software Minitab. Hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa (Fhitung = 19,47; P. = 0,000). Dengan besar korelasi = 0,5905 yaitu pada kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi kesiapan belajar dan semakin kurang kecemasan matematika maka akan semakin membaik pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dan begitu pula sebaliknya jika semakin kurang kesiapan belajar dan semakin tinggi kecemasan matematika maka akan semakin rendah hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dalam pelajaran matematika.Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Afrizal Putra Bujuri. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Geografi SMA Swadhipa. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Aris Muhammad Saifullah. (2013). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan limit pada peserta didik kelas XI semester 2 di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Jepara tahun pelajaran 2012/2013. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standart Kompetensi Mata Pelajaran.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Eliya Fitriyana. (2013). Hubungan Antara Kesiapann Belajar dan Hasil Belajar Matematika Warga Belajar Kelas XI kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Ika Wahyu Anita. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP, Edujournal, Vol (3):(1).

Jasa Ungguh Muliawan. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2013). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahron Lubis. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang : Sukabina Press.

Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Yudi Priyani. (2013). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.