Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI MA Raudatul Akmal pada materi fungsi aljabar

Nurdalilah Nurdalilah, Nadya Armayani, Rizki Rindiani, Shally Ratamina, Yayuk Ananda Pratiwi, Cindy Fadilah Nasution

Abstract


Penelitian ini di Latar Belakangi oleh pentingnya Pemahaman Pemecahan Masalah Matematis siswa, Setelah penelitian melakukan tes analisis masih banya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan melakukan pemecahan pada soal-soal matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pemahaman siswa dalam memahami dan melakukan pemecahan masalah terkait materi Fungsi Aljabar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MA Yayasan Perguruan Raudatul Akmal yang terletak di Batang Kuis dengan subjek sebanyak 42 siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah Metode Kualitatif Deskriptif Dengan Teknik Pengumpulan Data melalui uji coba tes tertulis berupa soal mengenai materi Fungsi Aljabar dan menggunakan teknik wawancara yang dilakukan langsung oleh peneliti kepada siswa. Hasil pada penelitian ini didapatkan dengan menganalisis hasil data uji coba siswa dan hasil wawancaraselama observasi. Hasil akhir pada penelitian ini menggunakan persentase dengan nilai 78% yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang atau sudah baik.

Keywords


kemampuan pemahaman; fungsi aljabar; pemahaman matematis

Full Text:

PDF

References


Agustino, V. D., Susanto, H. A., & Wulandari, A. A. (2024). Snakes Ladders Game as an Effort to Improve Mixed Counting Operation Skills of Langenharjo 02 State Elementary School Students. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(01), 72–83. https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i01.31568

Arifah, U., & Saefudin, A.A. (2017).Menumbuhkan Kemampuan PemahamanKonsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery.UNION:Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 263–272.

Cahani, K., & Effendi, K. N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 120–128 Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/index.

Desmawan, D., Cahyaningdyah, F. A., Darwin, R., Putri, S. S., & Rizqina, A. (2023). Analisis Peran Pendidikan Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 72-82. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i2.75

Farida, N., Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2019). Tingkat Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah 2. 135 – 146.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123-132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Handayani, T., Hartatiana, & Muslimahayati. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160–168. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i2.111

Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Himpunan. MAJU, 8(2), 9–16

Maryati, I., & Parani, C. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 7(2), 143–156.

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah Pendidikan Nasional; Faktor-faktor dan Solusi Yang Ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127–137. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.406

Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Numeracy, 5(1), 1-9. DOI : https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.288

Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122–130.

Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G.,& Rohaeti, E.E. (2018).Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga DanSegiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 157.

Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., &Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79.

Riana, R., Maulani, F. I., & Nurfauziah, P. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Smk Pada Pokok Bahasan Trigonometri. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 5(1).

Septripiyani, K., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman KonsepSiswa Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar Di Masa Pandemi Covid-19, 4(6), 1709–1722. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1709-1722

Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Trigonometri Dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109–120.

Sudianto, S. (2019). Perbandingan Pemahaman Matematika Siswa antara yang Menggunakan Adobe Flash CS3 dengan Software iMindMapTMpada Pokok Bahasan Limit Fungsi. Didactical Mathematics, 2(1), 1

Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pnedekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Didactical Mathematics, 21–28

Wahyuni & Karimah. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2): 232-233.

Wijaya, D. A. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Dirkursus Multi Represntasu (DMR) Pada Materi Trapesium. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 50.

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19-28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076

Wulan, P., Davita, C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran MatematikaVolume 2 Nomor 2 Tahun 2020, 2(2) http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i1.7413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.