Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model flipped classroom

Wafiq Munarsih, Khusnul Safrina

Abstract


Pemahaman konsep matematis ialah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk menunjang kemampuan-kemampuan yang lain seperti kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan representasi dan kemampuan koneksi matematika. Berdasarkan hasil observasi awal siswa SMPN 1 Blangpidie menunjukkan bahwa kelas VII masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang efektif. Salah satu pendekatan yang dipandang potensial untuk meningkatkan pemahaman konsep adalah model flipped classroom, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri sebelum pertemuan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan melalui model flipped classroom dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group. Seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Blangpidie dijadikan sebagai populasi dalam peneltian ini. Teknik random sampling digunakan dalam pemilihan sampel, sehingga ditetapkan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest dan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan Independent Sample t-test. Instrumen soal tersebut terlebih dahulu dianalisis untuk memastikan kualitasnya, yaitu melalui uji validitas. Uji validitas dilakukan dengan mengkaji keterkaitan antara butir soal dengan indikator pemahaman konsep matematis. Adapun hasil dari penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan model flipped classroom lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Flipped Classroom; Kemampuan Pemahaman Konsep; Konvensional

Full Text:

PDF

References


Alimustofa, R., Elly, A., & Luthfiana, M. (2023). Penerapan model flipped classroom menggunakan video pembelajaran matematika untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa smp negeri 1 lubuklinggau. Linggau Journal Science Education, 3(1), 1–7.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Fauziah, R. H., & Ruqoyyah, S. (2022). Kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang melalui model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas v sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 5(1), 188–198.

Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14371

Hastuti, F. F., Waluyo, M., & Sumadi, S. (2024). Penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X. Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 98–110.

Hediani, N. N. (2024). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran bahasa indonesia: studi literature review. Prosiding PEDALITRA IV: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 253–261.

Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan flipped classroom dalam pembelajaran berbasis mobile learning pada mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal PETIK, 6(2), 122–127.

Kemendikbud. (2024). Kurikulum pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 1–26.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lailan, A. (2024). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115

Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353–362. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.907

Makwana, D., Engineer, P., Dabhi, A., & Chudasama, H. (2023). Sampling methods in research: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 7(3), 762–768. https://www.ijtsrd.com/papers/ijtsrd57470.pdf

Maharani, R. R., & Saputri, Y. D. (2024). Analisis peran dan pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 83–90. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.614

Mukhayat, A., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2024). Kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika melalui model flipped classroom berbantuan media pembelajaran. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 162–172. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15034

Mutmainah, S., Setiawan, Y., & Purwanto, P. (2019). Model pembelajaran flipped classroom; memanfaatkan konten di rumah belajar pada jenjang SMP. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Nurhasanah, L. A. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP melalui model flipped classroom. Maju, 8(1), 425–441.

Harahap, N.A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). Buku ajar belajar dan pembelajaran. In Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Permana, S. B. T., Artharina, F. P., & Subekti, E. E. (2024). Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi google classroom terhadap pemahaman konsep segiempat di SD. JIPMat:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 153–161. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.482

Purwijaya, M. F., Darmono, P. B., & Maryam, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purworejo. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 55–66. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5494

Rahim, A., & Ismaya, B. (2024). Pelatihan proses pembelajaran melalui blended learning dalam meningkatkan mutu pembelajaran. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 1–7. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/259

Rakhmawati, D., & Choiriyah, S. (2023). Manajemen model flipped classroom dalam mengevaluasi learning loss. Lombok: Yayasan Hamjah Diha.

Rosyidah, U., Mustika, J., & Setiawan, F. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam mata kuliah aljabar dasar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1, 57–67. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2225

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Sumarmo. (2014). Asesmen soft skill dan hard matematik siswa dalam kurikulum 2013. In Seminar Pendidikan Matematika Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar, 564, 1–73.

Susanti, Safrina, K., Febriani, D. R., & Khairi, R. (2024). Learning tools development based on technological , pedagogical , and content knowledge ( TPACK ). AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 13(1), 86–94.

Susanti, R., Efrina, G., Azwar, R., & Efendi, N. (2024). The classroom teachers’ strategy of grade V in managing class to enhance students’ motivation at SD Negeri 41 Kinali. TOFEDU: The Future of Education Journal, 3(2), 694–701. https://doi.org/10.61445/tofedu.v3i2.146

Ulfa, M. (2019). Strategi preview, question, read, reflect, recite, review (Pq4R) rada remahaman konsep matematika. Mathema Journal, 1(1), 51–55.

Welta, W., Hermansah, H., & Hartanto, S. (2024). Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 168–179. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6173




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i1.7533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.