PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Hotel yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2015-2018)

RAVIKA PERMATA HATI

Abstract


Penelitian  ini  mereplikasi  penelitian  yang  dilakukan  oleh  Cheng et  al., (2010).  Adapun  perbedaan  dengan  penelitian  terdahulu  adalah  data  penelitian  ini didapat dari perusahaan perhotelan yang telah go-public dan listed di  Bursa  Efek Indonesia  (BEI)  padatahun  2014 sampai  tahun  2018.  Selain itu, penelitian ini hanya melihat hubungan pengaruh antara human capital, structural capital, dan customer capital terhadap Kinerja Perusahaan.

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dan tahunan perusahaan dari tahun 2014 – 2018. Penelitian ini menggunakan data panel atau longtitudinal data, yakni kumpulan data yang terdiri dari sejumlah individu (cross-section) yang diamati dalam beberapa periode waktu tertentu (time-series). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik menggunnakan perangkat lunak statistik SPSS 20.

Berdasarkan hasil analisis penelitian untuk uji T, bahwa variabel VACA terhadap ROA menunjukkan bahwa VACA tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan (ROA).  Hasil analisis  variabel VAHU terhadap ROA menunjukkan bahwa VAHU tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan (ROA). Hasil analisis variabel STVA terhadap ROA menunjukkan bahwa STVA tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan (ROA). Untuk hasil analisis Uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara VACA (X1), VAHU (X2), dan STVA (X3) secara bersama-sama (simultan) terhadap ROA (Y).


Keywords


Intellectual Capital, Kinerja Keuangan Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Baroroh, Niswah. 2013.Analisis Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol. 5, No. 2, pp. 172-182.

Bontis, N., WCC Keow, dan S Richardson (2000), Intellectual Capital And Business Performance in MALAYSIAN Industries. Journal of Intellectual Capital, 1 (1), 85-100

Ghozali, Imam. 2006. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS”. Badan penerbit UNDIP : Semarang.

Grant, Robert M. 1991. “The Resource-Based Theory of Competitive Advantage: Implication for Strategy Formulation”. California Management Review.

Haldami, Fitri Bella dan Martiningtiyas, Catur Rahayu. 2014. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan pada Industri Otomotif, Metal dan Allied, serta Chemical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). E-Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti. Vol. 1Nomor.1 Februari 2014 hal. 44-58.

Kusumowati, Minanti. 2013. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Perusahaan Studi kasus pada Perusahaan Manufaktr yang terdaftar di BEI tahun 2008-2012. Diponegoro Journal of Accounting.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2011). Analisis Regresi Dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Yusuf dan S. Peni. 2009. Modal Intelektual dan Market Performance Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Sipil). Vol. 3. ISSSN:1858-2559.

Yusup, M. Pawit. 2012. Perspektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan, dan Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Zulmiati, Rizqi dan Meiranto, Wahyu, 2012, Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Consumer Good Industry Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2010).Diponegoro Journal of Accounting. Volume 1, No.1, 1-15.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v13i2.2030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic