ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN ANALISIS RASIO PROFITABILITAS PADA PT PUTRA KUNDUR TRANSPORTASI BATAM

Aznedra Aznedra, Rizki Eka Putra

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada perusahan PT.Putra Kundur Trasnportasi Batam yang bergerak dalam bidang jasa transportasi laut.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk memberikan penjelasan tentang perhitungan rasio profitabilitas dalam menganalisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan merupakan suatu proses penelitian dari laporan keuangan beserta unsur-unsurnya untuk menilai kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan PT. Putra Kundur Transportasi dalam menghasilkan laba yang optimal dengan menggunakan teknik analisis rasio profitabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah data sekunder dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis rasio profitabilitas secara keseluruhan pada tahun 2018 lebih baik jika dibandingkan tahun 2017 yang menunjukkan peningkatan kinerja manajemen  dalam menghasilkan laba bagi perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih sudah baik dilihat dari : Hasil pengembalian atas Aset ( Return on Asset ), Hasil pengembalian atas Ekuitas ( Return on Equity ), Marjin Laba Kotor ( Gross Profit Margin ), Marjin Laba Operasional ( Operating Profit Margin ), Marjin Laba Bersih ( Net Profit Margin )


Keywords


Kinerja, Rasio, Profibilitas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Batam, Batam Dalam Angka 2015.

Harahap, Sofyan Syafri. ( 2016). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali

Hery,S.E.,MSI.,RSA.,CRP. (2016). Analisis Keuangan untuk Menilai Kondisi Finansial dan Kinerja Perusahaan. Jakarta:PT Grasindo.

Mole, Elsi. 2016. Kualitas Pelayanan Publik (Studi kasus Pelayanan di Unit Usaha Transportasi Laut PD.Panca Karya Ambon)

Ristardi,Martinus. (2008). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Perusahaan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran

https://www.kembar.pro/2015/04/analisis-laporan-dan-rasio-keuangan.html#




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v14i1.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic