PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK (STUDI PADA LONGDRIP CAFE DI KAMPONG TERIPANG, KABUPATEN BINTAN)

Winda Romauli Sitorus, Asri Eka Ratih, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi metode full costing, variable costing dan penentuan harga jual metode cost plus pricing pada usaha dessert collato Longdrip Cafe Kampong Teripang periode Oktober-November 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan membandingkan harga pokok produksi konvensional, full costing dan variable costing. Selanjutnya penentuan harga jual cost plus pricing menggunakan harga pokok produksi full costing, variable costing dan dibuat laporan laba rugi untuk mengetahui laba bersih yang diperoleh dari kedua metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga pokok produksi dengan metode konvensional tidak menghitung keseluruhan biaya yang dikeluarkan. Sehingga dibutuhkan perhitungan harga pokok produksi metode full costing dan variable costing. Berdasarkan laporan laba rugi bahwa full costing lebih menguntungkan dari variable costing dengan selisih laba bersih dessert collato varian coklat, vanilla, kopi dan matcha adalah Rp131.328,71, sedangkan varian strawberry adalah Rp134.453,70.

Kata Kunci: cost plus pricing, full costing, harga pokok produksi, laba bersih, variable costing

Keywords


cost plus pricing, full costing, harga pokok produksi, laba bersih, variable costing

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2020. Kabupaten Bintan Dalam Angka 2020. Kabupaten Bintan

Mawikere, Lidia., Ilat, Ventje., dan Woran, Reza, 2014. Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Pada Ud. Vanela. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol 2 no.2, p. 1659–1669.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya Edisi Kelima. Yogyakarta: Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Wauran, Desliane., 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produk Dan Penerapan Cost Plus Pricing Method Dalam Rangka Penetapan Harga Jual Pada Rumah Makan Soto Rusuk Koâ Petrus Cabang Megamas. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol 4 no. 2, p. 652–661.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic