ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PIUTANG TAK TERTAGIH PADA PT PERUSAHAAN GAS NEGGARA TBK AREA BATAM. PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Cahyo Budi Santoso, Ravika Permata Hati, Sri Mulyati, Hamidah Armaini, Syafruddi Syafruddin, Rohana Marito Pasaribu

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui untuk mengetahui faktor-faktor penyebab piutang tak tertagih baik secara internal maupun eksternal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi Penelitian ini adalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari, mencatat, mengklasifikasikan data. Data yang digunakan adalah data time series yaitu sekumpulan data dari suatu fenomena tertentu yang terdapat dalam beberapa interval waktu tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa mengenai sistem pengendalian intern yang dilakukan pada PT PGN, Tbk Sales Area Batam dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengendalian intern piutang usaha pada perusahaan tersebut masih tergolong kurang baik. Pada PT PGN, Tbk Sales Area Batam belum efektif dalam melakukan penagihan piutang kepada pelanggan dan juga dalam memberikan persetujuan dalam pemberian piutang, hal ini dapat dilihat dari jumlah piutang dari pelanggan inaktif yang jumlahnya dari tahun 2020 hingga 2022 mengalami kenaikan.

Abstract. This study aims to be able to know to know the factors that cause bad debts both internally and externally. This type of research is empirical research with a descriptive qualitative approach. The population of this study is. The data collection technique used in this study was a documentation study, namely a data collection technique by studying, recording, and classifying data. The data used is time series data, which is a collection of data from a particular phenomenon contained in certain time intervals. Based on the results of research and analysis regarding the internal control system conducted at PT PGN, Tbk Sales Area Batam it can be concluded that the internal control system for trade receivables at this company is still classified as not good. At PT PGN, Tbk Sales Area Batam it has not been effective in collecting receivables from customers and also in providing approval for giving receivables, this can be seen from the number of receivables from inactive customers, the number of which has increased from 2020 to 2022.

Keywords


Account Receivable; Bad Debt Expense; Perusahaan Gas Negara

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting, Edisi 8. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Halim, Abdul. 2002. Akuntansi Sektor Publik Keuangan Daerah, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Hartono, Jogiyanto. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi-12. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Mardiasmo. 2000. Akutansi Keuangan Dasar, Jilid Dua. BFE, Yogyakarta

Muchdarsyah. 1997. Manajemen Dana Bank. Jakarta: Bumi Aksara Smith M. Jay, Skousen Fred K., Akuntansi Intermediate, Jakarta: Erlangga

Mukhsinati Sari.2011. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kredit Macet Pada Bank “X” Di Kabupaten Jember”. SKRIPSI. Jember: Fakultas Ekonomi Universitas Jember

Rivai Veithzal, dkk. 2013. Manajemen Perbankan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Santosa, Dede Iman. 2008. “Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Macet pada Nasabah BKM di Kec. Pemalang Kab. Pemalang Tahun 2007”. SKRIPSI. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES Sinungan,

Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat

Surupati, D. P. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Atas Penjualan Dan Penagihan Piutang Pada Pt. Laris Manis Utama Cabang Manado. 422 Jurnal EMBA. https://doi.org/10.1049/piee.1973.0100

Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat

Taroreh, J. R., Warongan, J. D. ., & Runtu, T. (2016). Penerapan Sistem Pengendalian Internal Piutang Pada PT Mandiri Tunas Finance Cabang Manado. Emba.

Van Horne, James C., JR, Wachhowicz John M. 2002. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Buku 1. Terjemahan Heru Sutojo. Jakarta: Salemba Empat

Weygandt J.Jerry, Donald E. Kieso, Warfield D. Terry.2007.Akuntansi Intermediate, Edisi ke duabelas, Jilid Satu.Jakarta:Salemba Empat.

Yusup, Al. Haryono. 1987. Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid 2 (Edisi Revisi). Yogyakarta: LIBERTY Yogyakarta ----- 2002. Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid 2 (Edisi 6). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v17i2.5944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic