Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Pembelajaran PjBL Berbasis STEAM di SMP N 14 Kota Bengkulu

Irmaning Rahayu, Kashardi Kashardi, Merri Sri Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 14 kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan total sampling sebanyak 62 orang dari 3 kelas yang terdiri dari kelas VIII.1 berjumlah 32 siswa siswa dan V III.4 berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran PjBL berbasis STEAM. Pembelajaran PjBL berbasis STEAM lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan konvensional

Keywords


Berpikir kritis, PjBL, STEAM

Full Text:

PDF

References


Abidah, R. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Tepat Guna terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung pada Materi Pencemaran Lingkungan Tahun Pelajaran 2017/2018. [Skripsi]. Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Annisa, R., Effendi, M.H., dan Damris, D. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) Pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2): 14–22.

Ardianti, S.D., Pratiwi, I.A., Kanzunnudin, M. 2017. Implementasi Project Based Learnng (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2): 146-150.

Fitriyah, A., dan Rahmadani, S.D. 2021. Pengaruh Pembelajaran STEAM berbasis PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1): 209-226.

Furmanti, T, dan Hasan, R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019. 1–9.

Irwandi. 2020. Strategi Pembelajaran Biologi Lesson Study, Literasi Sains dan Blended Learning. Pustaka Reka Cipta. Bandung.

Jauhariyah, F.R., Suwono, H., dan Ibrohim. 2017. Science, Technology, Engineering, and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM 2: 432–436.

Lestari, W. M., Ashari, A., dan Ngazizah, N. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis . Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2): 93-105

Melda, E., Kashardi, dan Hidayat, T. 2019. Kemampuan Kognitif Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning SMPN 5 Seluma. Prosiding Semnas Sains & Enterpreneuship VI. 1(1): 1–10.

Mu`minah I.H., dan Suryaningsih, Y. 2020. Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Education. 5(1): 65-73.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., dan Diantoro, M. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2): 155-158.

Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., dan Susanti, S. 2020. Improving Student Critical Thinking trough STEAM-PjBL Learning. Bioeducation Journal. 4(2): 95–103.

Rochmawati, L. 2014. Perbedaan Pengaruh Model E-Learning dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Praktik Menyusui Benar. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu”. 5(2): 104-115.

Safrina, D. 2019. Ketrampilan DaN Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Eksresi di MTSN 3 Bireuen. [Skripsi]. Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.33373/simbiosa.v12i2.7886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.