PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BUTIK PUTRI AGATA

Ayu Indah Pratiwi Amalia, Irma Mardian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan digital marketing dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian pada Butik Putri Agata. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumber data primer. instrument penelitian berupa kuesioner berskala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah berbelanja di butik Putri Agata yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (unknown population). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan studi pustaka yang kemudian dilakukan analisa data dengan menggunakan teknik pengujian validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa digital marketing dan Word of Mouth secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Butik Putri Agata.

Kata Kunci: Digital Marketing, Word of Mouth, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armada, D., Oetoro, I. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Apotek BM-41 Gresik.” 25: 98–121.

Astuti, D., and Ernawati, S. 2020. “Strategi Promosi dan Word of Mouth Dalam Upaya Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Tenun.” Jurnal Distribusi 8(2): 225–38.

Azhar, M., Sutiono, H. T., and Wisnalmawati. 2021. “The Effect of Digital Marketing and Electronic Word of Mouth on Purchase Decisions and Customer Satisfaction.” Seminar Nasional 289–305. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/6079%0Ahttp://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/download/6079/3938.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ningsih, D., Haryanti, I. 2021. “Pengaruh Motivasi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 150cc (Studi Pada Pengguna Honda Vario 150cc).” Ekuivalensi Jurnal Eko nomi B i s n is 7(1): 205–11.

Diansyah, and Nurmalasari, A.I. 2017. “Pengaruh Pemasaran Internet dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.” Journal of Business Studies 2(1): 86. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/788.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Handoko, N T, and T Melinda. 2021. “Effect of Electronic Word of Mouth on Purchase Intention Through Brand Image As Media in Tokopedia.” International Journal of Economics 2021 (4). http://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/3184%0Ahttps://jurnal.stieaas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/download/3184/1731.

Juhriatun, Y., and Amirulmukminin. 2021. “Pengaruh Word oF Mouth Terhadap Minat Beli Pada Foodbox Kota Bima.” Jurnal Bening 8(2): 203–13.

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Lupiyaodi, Rambat, and A Hamdani. 2014. “Manajemen Pemasaran Jasa.”

Mantauv, C. S. 2019. “Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi) 3(1): 15–22.

Murhadi, T. 2019. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian LintasartaNet di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmu Manajemen 7(1): 49–55.

Nuraini, and Hadi, M. 2019. “Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Panties Pizza Malang.” Jurnal Aplikasi Bisnis 5(1): 178–81.

Putri, Prisma Miardi, and R.A Marlien. 2022. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 5(1): 25–36.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Saputra, G. W., and Ardani, I. G. K. S. 2020. “Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9 (7): 2596.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.