PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA J&T EXPRESS KOTA BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pelanggan pada J&T Exprees Kota Bima, metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 96 sampel. Sedangkan teknik pengujian kualitas instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas.Teknik uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan hasil penelitian menunjukan bahwah variabel bebas atau kualitas pelayanan, ketepatan waktu berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada J&T Express Kota Bima. Sedangkan secara parsial uji t kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, ketepatan waktu berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Deviana, S. 2018. Pengaruh kualitas Pelayanan dan Ketetapan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Kareta Api dalam Perspektif Ekonomi Islam. Lampung. 1-112.
Handoko, H. B. 2010. Cara Mudah Membangun Blog Toko Online. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. & Keller, L. K. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2012). Marketing management, (The Millenium Edition). New Jersey: Prentice Hall.
Lisnasari, N., Rudi, A., & Pratiwi, D. 2016. “ Analisis Pengaruh Faktor Ketetapan dan Tarif pengiriman Barang atau Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Kareta Gaya Pusaka)”. Jurnal Ilmu Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), 13 (November), 33-41.
Lupiyoadi. dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.
Mahfudz. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Studi pada J&T Express Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management. Vol. No. Hal: 1-8
Oktaviasari, N., & Rachma, N. 2019. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Ketetapan Waktu terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ilmiah riset Manajemen, 8(5), hal. 1-10
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal Geo Ekonomi, 116-129.
Soegoto, A.S.2013.”Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1 (3), hal.1271-1283.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.