PENGARUH ASSET TERHADAP OMZET PENJUALAN USAHA SKALA MIKRO DI KECAMATAN MAGELANG UTARA TAHUN 2020

Priyo Suwono, Yacobo P Sijabat, Galang Adi Prasongko, Mirza Rasyiddin, Nisrina Afifawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aset terhadap omzet usaha mikro di Kecamatan Magelang Utara pada tahun 2020. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 331 usaha mikro dengan jumlah data diolah adalah 662 observasi. Sumber daya yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aset memiliki pengaruh terhadap omzet yang diterima usaha mikro di Kecamatan Magelang Utara.

Kata Kunci: UMKM, Aset, Omset, Mikro.


Full Text:

PDF

References


Dewi, D., & Sudiartha, G. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 242635.

Fitanto, B. (2019). Analisis Omzet dan Posisi Bersaing Pada Klaster Usaha Kecil Menengah (UKM) Sepatu Mojokerto. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1), 23–36.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39.

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.

Hasri, B., Santoso, S., & TH, D. S. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DAERAH DI KABUPATEN NGAWI.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18.

Kristanto, T. (2017). STRATEGI PENINGKATAN OMSET UKM PERCETAKAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO).

Suprihatmi, & Susanti, R. (2017). PENGARUH MODAL KERJA, ASET, DAN OMZET PENJUALAN TERHADAP LABA UKM CATERING DI WILAYAH SURAKARTA. EKSPLORASI, 37(2), 201. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/8267/3932

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(Juni), 84–93.

Utomo, S. H., Qurrata, V. A., Purnamasari, V., Seprillina, L., Malang, U. N., Pembangunan, E., Ekonomi, F., Malang, U. N., Sosial, M., & Penjualan, O. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah Alas Kaki Berbahan Kulit. Jurnal Karinov, 2(1), 1–5. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/8267/3932.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20201215131853-4-209208/sedihnya-omzet-umkm-turun-30-di-masa-pandemi-covid-19.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v8i2.4288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.