ANALISA PERHITUNGAN KELAYAKAN USAHA EMPING JAGUNG DI KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT

Sri Nova Deltu, Qumil Laila Arham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan usaha emping jagung di Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatera Barat. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Objek penelitian adalah 30 orang yang melakukan usaha emping jagung di Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan analisis finansial biaya investasi untuk mendirikan usaha emping jagung adalah sekitar Rp 46.558.000 dimana untuk titik impasnya (BEP) produk jadi Rp 125.542 sementara untuk BEP unit produk jadi 14,26 berarti jumlah pendapatan yang diterima usaha emping jagung melebihi dari jumlah biaya yang dikeluarkan sehingga sudah mendapat menutup biaya produksi tersebut dan memberikan keuntungan sehingga usaha ini layak untuk dijalankan.

Kata Kunci: Kelayakan, Usaha, Emping Jagung.

Full Text:

PDF

References


Antarlina. SS dan Amik Krismawati. 2011. Pengkajian Pembuatan Emping Jagung dari Tiga Varietas dengan Dua Teknik Pembuatan. Pada Situs balitsereal.litbang.pertanian.go.id/ind/images/stories/1cpros11.pdf. Diakses 2 Juni 2015.

Direktoral Jendral Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementrian dalam Negeri Repoblik Indonesia. 2012. Pengolahan Emping Jagung. Pada Situs www.pemetaanttg.com/?op=ttg&mode=detail&id=7. Diakses 2 Juni 2015.

Kasryno F, Pasandaran E, Fagi AM, editor. 2005. Ekonomi Jagung Indonesia. Cetakkan Kedua. Jakarta (ID): Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.

Kurniati, Edy Dwi. 2015. Kewirausahaan Industri. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Wahyuni, Sri. 2011. Quality Control di Sentra Industri Kecil Pembuatan Emping Jagung di UKM Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Balai Riset dan Standarisasi Industri Padang.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i2.4616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.