PENGARUH PROFITABILITAS, KEPUTUSAN INVESTASI DAN PENDANAAN SERTA LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Aznendra Aznendra, Dewi Kartika, Catur Fatchu Ukhriyawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi kebijakan deviden dengan memakai sampel perusahaan yang ada pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu profitabilitas, keputusan investasi, keputusan pendanaan dan likuiditas. Dalam penelitian ini, perusahaan yang dijadikan sampel adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016-20219. Purposive sampling merupakan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian. Data pada penelitian ini diolah dengan memakai uji regresi linier berganda agar mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, Keputusan Investasi berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, Keputusan Pendanaan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dan pegujian secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, keputusan investasi dan pendanaan serta likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan dividen.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Regresi Linear Berganda, Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Likuiditas.


Full Text:

PDF

References


Adrianingtyas, D. A. (2019). Pengaruh kinerja keuangan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan), 2(2), 23-30.

Akbar, F., & Fahmi, I. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Jurnal ilmiah mahasiswa ekonomi manajemen, 5(1), 62-81.

Amanah, Lailatul. (2020) "Pengaruh free cash flow, profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap kebijakan dividen." Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA) 9.7.

Idawati, Ida Ayu Agung, and Gede Merta Sudiartha. (2014) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaanterhadap Kebijakan Deviden Perusahaan Manufaktur di BEI. Diss. Udayana University.

Jannah, R., & Haridhi, M. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Earning Volatility, dan Leverage Terhadap Volatilitas Harga Saham Pada Perusahaan Non-Financing yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA).

Komang Ayu Novita Sari Dan Luh Komang Sudjami (2015). Penngaruh Likuiditas,Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabiiitas Terhadap Kebijakan Deviden Pada Pemsahaan Manufaktur di BEI, EJurnalManajemen Unud, VolfNo.lO, 2015:3346-3374

Kurniawan, Noval, and Wisnu Mawardi. (2017) Analisis Pengaruh Profitabilitas Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2011-2015). Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Musfitria, A. (2016). Pengaruh Dividen dan Leverage Terhadap perkiraan Harga Saham (Studi pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2011). IMC 2016 Proceedings, 1, 9-16.

Palupi, Rara Sukma, and R. Susanto Hendiarto. (2018) "Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan Properti & Real Estate." Jurnal Ecodemica 2.2

Puspitaningtyas, Z., Prakoso, A., & Masruroh, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Likuiditas Sebagai Pemoderasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 1-17.

Ratnasari, P. S. P., & Purnawati, N. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6179-6198.

Salama, M., Van Rate, P., & Untu, V. N. (2019). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada industri perbankan yang terdaftar di bei periode 2014-2017. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Saputra, F. R., Handayan, S. R., & Nuzula, N. F. (2012). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Harga Saham. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 1–11.

Ustianti, N. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Keputusan Pendanaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Keuangan dan Perbankan di BEI Tahun 2009-2013). Journal Of Accounting, 1(1).

Utami, Asri Pawestri Setyo, and Ni Putu Ayu Darmayanti. (2018) "Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages." E-Jurnal Manajemen Unud 7.10. 5719-5747.

Wiwin Siswantini, (2014) “Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI)”, Jurnal Organisasi dan Manajemen 10, no. 2.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i2.4779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.