PENGARUH BRAND AMBASSADOR IDOL K-POP, BRAND IMAGE, PROMOTION DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKOPEDIA DI KOTA BATAM

Edwin Agung Wibowo, Rimayang Anggun Laras Prastianty Ramli, Siti Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador idol k-pop, brand image, promotion, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia di Kota Batam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan aplikasi Tokopedia di Kota Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 270 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 28. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa brand ambassador idol k-pop tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan keempat variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Brand Ambassador Idol K-pop, Brand Image, Promotion, Service Quality, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Ayu, Shinta Pratiwi. (2018). Penngaruh Brand Ambassador Pada Minat Beli Produk Wrangler Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Sanarta Dharma. Yogyakarta.

Devi, Lenggang Kurnia Intan (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Surabaya). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Khotimah, Husnul dan Suryadi (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Promotion Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi E-commerce Shopee). E-jurnal Manajemen Diversifikasi. Universitas Muhammadiyah Metro. Lampung

Muslim, Sarah Amalia (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol K-Pop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-commerce Tokopedia). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhasanah, Siti (2017). Praktikum Statistika 2 Uuntuk Ekonomi dan Bisnis Aplikasi dengan Ms Excel dan SPSS. Salemba Empat. Jakarta.

Padayachy, Yugendri (2017). A cross-sectional qualitative study exploring how celebrity brand ambassadors influence customer loyalty. Afrika Selatan

Rozi, Iffa Ainur (2021) “Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee”. )”. E-jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia(STIESIA). Surabaya

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Batam Pos (2020). 91 Juta Data Akun Tokopedia Bocor. Diambil kembali dari https://batampos.id/2020/07/06/91-juta-data-akun-tokopedia-bocor/. Diakses tanggal 14 November 2021.

Kontan.co.id (2021). 10 e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia, Tokopedia kembali ke puncak. Diambil kembali dari https://lifestyle.kontan.co.id/news/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-di-indonesia-tokopedia-kembali-ke-puncak. Diakses tanggal 1 November 2021.

Tirto.id. (2021). Belanja Online Murah di Akhir Bulan: Ikut Promo WIB Tokopedia. Diambil kembali dari https://tirto.id/belanja-online-murah-di-akhir-bulan-ikut-promo-wib-tokopedia-gaBv. Diakses tanggal 3 November 2021.

Tokopedia.com (2021). 2021, Tokopedia Tunjuk Dua Brand Ambassador Sekaligus: BTS dan BLACKPINK. Diambil kembali dari https://www.tokopedia.com/blog/2021-tokopedia-tunjuk-dua-brand-ambassador-sekaligus-bts-dan-blackpink/.Diakses tanggal 1 November 2021.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i2.4810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.