EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI DAN PBI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 50 BATAM

Ernis Kristiana Dewi, Putri Yulia

Abstract


Abstrak. Rendahnya hasil belajar siswa mungkin dipengaruhi oleh pemilihan dan penggunaan model yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Team Assisted Individualization (TAI) dan efektivitas model Problem Based Intruction (PBI) terhadap hasil  belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling berjumlah 2 kelas, dengan rincian kelas VIII E untuk kelas eksperimen 1 dan kelas VIII F untuk kelas eksperimen 2. Instrumen penelitiannya tes hasil belajar matematika siswa, yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian  bahwa: (1) Model pembelajaran TAI efektif terhadap hasil belajar siswa. (2) Model pembelajaran PBI efektif terhadap hasil belajar siswa. (3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar siswa dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,023 < 0,05 maka H0 ditolak dan  diterima maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI dan PBI.


Keywords


TAI, PBI dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.