PENINGKATAN COLLABORATIVE SKILL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT

Yuni Kristianti, Mawardi Mawardi, Suhandi Astuti

Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan collaborative skill siswa dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Tingkir Lor 02 Salatiga dengan jumlah 33 siswa. Permasalahan dalam proses pembelajaran matematika kelas 4 di SDN 02 Tingkir Salatiga ditemukan melalui observasi pada pra siklus yang menunjukan bahwa siswa kurang aktif dan percaya diri dalam menjawab soal saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain model Kurt Lewin yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah melalui lembar koesioner atau angket, tes tertulis dan lembar onsevasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan collaborative skill siswa dan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas 4 SDN Tingkir Lor 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Collaborative Skill, Hasil Belajar

 

 


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Vian dan Wasitohadi. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 30(2), 121-136.

Avisca, K. C. W., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Peningkatan Critical Thinking Dan Collaborative Skill Matematika Melalui Model Group Investigation Berbantuan Magic Ball. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 129-138.

Barr, F. D. (2018). Literature Study: The Problematics in Applicating Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournaments (TGT) and Alternative Completion. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 210-215.

Barkley, Elizabert E., Cross K. P., Major, Claire. H. (2012). Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media

Daryanto dan Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Febriana, Stefani G., Mawardi, Astuti, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Collaborative Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 222-228.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press.

Priatna, A., & Safitri, F. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SD Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal PGSD STKIP Subang, 3(1), 1-22.

Riya, M. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) Berbantuan Kartu Domino Matematika Pada Siswa Kelas V SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(9), 891-903.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan Ketujuhbelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154-163.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Santosa, D. S. S. (2018). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran. Ecodunamika, 1(3).

Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 146-154.

Taniredja, T., Faridli, Evi. M., & Harminanto Sri. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.