PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP LAKSAMANA BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fitrah Amelia, Ferdinand Herman Siahaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan model pembelajaran
kooperatif tipe course review horay dengan time token arends terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII di SMP Laksamana Batam. Jenis penelitian ini adalah
komparatif atau perbandingan dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laksamana Batam dan sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C dengan 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen 1
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan kelas VIII-E
dengan 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran
time token arends. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar.
Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Pada
selang kepercayaan 95 % dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,069 dan ttabel = 1,992.
Rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen 1 adalah 83,55 sedangkan rata-rata hasil tes
akhir siswa kelas eksperimen 2 adalah 77,26, karena thitung > ttabel berarti hipotesis penelitian
ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar yang
signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model time
token arends.
Kata Kunci: Course Review Horay, Time Token Arends, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.196

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.