HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP NILAI TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TINGKAT DIKNAS KOTA BATAM SISWA KELAS IX SMP BAPTIS BATAM

Yesi Gusmania, Elza Nuryuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa terhadap nilai try out ujian nasional matematika tingkat Diknas Kota Batam tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Baptis Batam di kelas IX. Sumber data diperoleh dengan menggunakan angket. Sebelum digunakan untuk mengambil data terlebih dahulu instrumen diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik dengan rumus kendall tau dan untuk korelasi berganda menggunakan korelasi kendall's w test dengan fasilitas software SPSS Versi 20. Berdasarkan analisis data didapat hasil variabel kepercayaan diri dengan nilai try out ujian nasional matematika memiliki besar korelasi 0,211 dengan angka sig.(2-tailed) 0,038, variabel partisipasi aktif siswa dengan nilai try out ujian nasional matematika memiliki besar korelasi 0,171 dengan angka sig.(2-tailed) 0,094 serta variabel kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa secara bersama-sama terhadap nilai try out memiliki besar korelasi 0,866 dengan angka sig. sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kepercayaan diri dengan nilai try out ujian nasional matematika dan tidak terdapat hubungan partisipasi aktif siswa dengan nilai try out ujian nasional matematika tingkat Diknas Kota Batam, serta terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan partisipasi aktif siswa secara bersama-sama terhadap nilai try out ujian nasional matematika tingkat Diknas Kota Batam.

Kata Kunci: kepercayaan diri, partisipasi aktif siswa, nilai try out ujian nasional matematika

 

This study aims to determine the relationship between self-confidence and active participation of students to the value of mathematics national exam try out in Diknas Batam’s Level in the academic year 2014/2015. This study uses a quantitative research methods with correlational research’s type. This study was conducted in 9th grade of Batam Baptist junior high school. Sources of data obtained using a questionnaire. Before being used to retrieve the data, the instrument was tested first to determine the validity and reliability. Data analysis techniques nonparametric statistics using the formula kendall tau and for multiple correlation using the correlation Kendall's W test that done by using SPSS software Version 20. The result of data analysis obtained the correlation coefficient between self confidence with thevalue of mathematics national exam try out is 0,211 with sig.number (2-tailed) 0.038, the correlation coefficient between active participation of students with with the value of mathematics national exam try out 0.171 with sig.number (2-tailed) 0.094 and the correlation coefficient among self-confidence and active participation of students together against with the value of mathematics national exam try out is 0.866 correlation with sig.number 0,000. Based on the results, it can be concluded that there is a relationship of self confidence with the value of mathematics national exam try out and there is no relationship of active participation of students with the value of mathematics national exam try out Diknas Batam, and also there is a relationship among confidence and active participation of students to with the value of mathematics national exam try out Diknas Batam.
Keywords : self-confidence, active participation of students, grades try out national exam mathematics

 

DAFTAR PUSTAKA
Arief B. Hermawan. (2013). “Pengaruh Partisipasi Kegiatan Osis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kreativitas Belajar”. Diambil pda tanggal 16 Februari 2015, dari http://eprints.uny.ac.id/1061811/jurnalAriefBudiHermawan.pdf.
Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajar Narimo, Budiyono, & Mujiyem Sapti. (2014). “Hubungan Nilai Try Out terhadap Nilai Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP di Kecamatan Sapuran”. Diambil pada tanggal 16 Maret 2015, dari http://ejurnal.umpwr.ac.is/index.php/ekuivalen/issue/view/1166.
Lubis, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Nurochim, H. (2013). Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Persada.
Nur’asyah, Hj. (2005). Hubungan Kepercayaan Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Matematika dengan Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri Se Kota Medan. Tesis, Universitas Negeri Medan. Medan. Diambil pada tanggal 17 Februari 2015, dari http://digilib.unimed.ac.id/public/unimed-master-154-025020117-babI.pdf.
Redaksi Kanal Pendidikan. (2015). Berakhir Dengan Sukses, Try Out Ujian Nasional Tingkat SMP di Kabupaten Bireuen. Diambil pada tanggal 17 Maret 2015, dari http://koranbireuen.com/2015/03/01/berakhir-dengan-sukses-try-out-un-tingkat-smp-di-kabupaten-bireuen.
Rihandoyo. (2009). Alat Uji Hipotesis Penelitian Sosial Non Parametrik. Diambil pada tanggal 23 April 2015, dari www.scribd.com/doc/33134507/Statistik-Non-Parametrik-Dengan-SPSS#scribd.
Rob Yeung. (2014). Confidence. Jakarta: Daras Books.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Yogyakarta: Prenada Media Grup.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utomo Dananjaya. (2011). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.229

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.