Penerapan model creative problem solving terintegrasi nilai islam untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis

Nenden Suciyati Sartika, Susti Rahmah Yulita S, Siti Laeliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Darussa’adah Cikadueun dan sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA yang berjumlah 21 orang (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIIIB yang berjumlah 21 orang (sebagai kelas eksperimen). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran CPS dan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan model CPS sebesar 77,90 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 70,66, dan peningkatan dapat dilihat dari uji t tes N-gain yaitu sebesar 9,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif bila menggunakan model CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs Darusa’adah Cikadueun.
Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa


Keywords


Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Full Text:

PDF

References


Firdaus, Y.N dan Asikin, W.2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). Prisma, Prosiding Seminar Nasional matematika. 2018. 239-247.

Hamzah, A. 2014.” Evaluasi Pembelajaran Matematika”.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lestari, K.E dan Yudanegara, M.R. 2015. ”Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandung: PT. Refika.

Malisa.S. (2017). “Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Vidya Karya . Banjarmasin.

Munandar, U. 2012. “Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat”. Jakarta: PT.Rineka.

Sartika, N, S., dan Rifa’i, R. 2018. “Penerapan Model Connected Mathematic Project Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Aliyah”. Journal of Mathematics Learning. Vol. 1 (2). Pp : 10 – 17.

Sartika, N, S., dan Yulita, S, R. 2019. Pengembangan Model Pair Check untuk Menghindari Mind in Chaos Siswa Kelas X terhadap Pembelajara Matematika. Jurnal Fibonacci. Vol. 5 (2). Pp : 97 – 104.

Shadiq, F. 2014. “Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa)”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhana. 2009. ”Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa”. cirebon: skripsi.

Susilawati, S., dan Hidayat R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Concept Siswa MTs. Jurnal Pythagoras. Vol 5 (1). Pp : 59 – 65.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.