PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Putri Yulia, Rilla Gina Gunawan, Eline Yanty Putri Nasution

Abstract


Abstrak. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci,  menjadi latar belakang penelitian ini. Hal ini, terlihat dari hasil tes, observasi, dan wawancara.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemahaman konsep  matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, teknik pengambilan sampel yaitu random sampling diperoleh kelas eksperimen VII C dan kelas kontrol VII A. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes  kemampuan pemahaman konsep matematis guna melihat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Distribusi data yang diperoleh dalam penelitian ini tidak normal sehingga analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney U dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. = 0,005 <  yaitu 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih baik dari pada pembelajaran dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Problem Based Instruction: PBI, kemampuan pemahaman konsep matematis

 


Full Text:

PDF

References


Akhsinudin. (2009). Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem-Based Instruction(PBI) di KelasX.A SMA Negeri 7 Sarolangun. Padang: UNP

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.

______. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: BumiAksara

Depdiknas. (2004). Standar kompetensi dan kompetensi dasar. Jakarta: Depdiknas

Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2).

Husna, A. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).

Ibrahim, dkk. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

NCTM (National Council of Teacher of Mathematics). (1998). Priciples and Standards for Schools Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Oemar Hamalik. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Prawironegoro, Pratiknyo. (2005). Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soaluntuk Bidang Studi Matematika. Jakarta: C.V Fortuna

Yulia, P. (2015). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pekerja Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.