Penerapan Lesson Study pada Perkuliahan Kalkulus I di Program Studi Pendidikan Matematika

Riska Novia Sari, Marfi Ario, Hera Deswita, Arcat Arcat

Abstract


Kualitas pembelajaran merupakan hal penting yang harus menjadi perhatian dosen. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui kolaborasi antar dosen dalam pelaksanaan lesson study. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan lesson study pada perkuliahan kalkulus I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak satu siklus yang terdiri dari tahapan plan, do dan see. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar mahasiswa dan data proses pembelajaran pada pelaksanaan lesson study. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi video. data tes dianalisis dengan menghitung persentase pencapain setiap kelompok. Data kegiatan pembelajaran yang diperoleh dari dokumentasi dan video dianalisis dengan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study di perkuliahan kalkulus I sudah berjalan sesuai dengan yang dirancang pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selama proses pembelajaran, mahasiswa terlibat aktif dalam mempelajari materi perkuliahan. Hasil belajar kalkulus I yang diperoleh dari turnamen di akhir pembelajaran menunjukkan masih terdapat 2 kelompok yang memperoleh capaian dibawah 50%.

Full Text:

PDF

References


Abizar, Haris. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press.

Ainy, Chusnal, Shofan Shoffa, & Sandha Soemantri. 2018. “Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Mengajar Dosen Dan Kualitas Pembelajaran Dalam Perkuliahan Mata Kuliah Kalkulus I.” JRPIPM: Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika 1(2):82–94.

Almujab, Saiful, S. Marten Yogaswara, Afief Maula Novendra, & Leni Maryani. 2018. “Penerapan Lesson Study Melalui Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Di FKIP UNPAS.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(2):139–48.

Febriyanti, Marwah, Ana Ana, & Sunarsih Sunarsih. 2017. “Pelaksanaan Lesson Study Dalam Perkuliahan Bimbingan Perawatan Anak.” Innovation of Vocational Technology Education 9(2):129–44.

Furchan, Ahmad. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaelani, Anton, Kusno Kusno, & Fitrianto Eko Subekti. 2013. “Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.” Pp. 79–88 in Aktivitas Kerjasama Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Mata Kuliah Dasar Proses Pembelajaran Matematika Melalaui Lesson Study.

Kartika, Desak Made Ristia. 2018. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar.” Pedagogy 3(1):107–17.

Khairani, Mukhni, & Faizah Qurrata Aini. 2018. “Pembelajaran Berbasis STEM Dalam Perkuliahan Kalkulus Di Perguruan TTnggi.” UJMES 3(2):104–11.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Prayekti, Prayekti, & Rasyimah Rasyimah. 2012. “Lesson Study for Improving the Achievement of Science for Student in Elementary School.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 18(1):54–64.

Santia, Ika. 2016. “Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Critical Lesson Study.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 5(2):157–68.

Saparwadi, L. 2015. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral Melalui Kegiatan Lesson Sudy Di Program Studi Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):35–48.

Shoffa, Shoffan, Agus Solikin, Endang Suprapti, Wahyuni Suryaningtyas, & Sandha Soemantri. 2015. “Implementasi Direct Instructon Dalam.” Didaktis 15(2):58–67.

Syutaridho. 2015. “Penerapan Metode Latihan Pada Mata Kuliah Kalkulus I Dengan Menggunakan Model Lesson Study.” Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA 1(1):244–57.

Tuerah, Philoteus Erwin Alex. 2014. “Dampak Lesson Study Terhadap Mata Pelajaran Matematika SMP Sulawesi Utara.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 18(2):234–45.

Widyaningrum, Diyah Ayu. 2016. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dipadu Student Team Achievement Division (STAD) Melalui Lesson Study (LS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa MAN 3 Malang.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 5(1):27–34.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.