Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Nur Hidayah, Prasetyo Budi Darmono, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Abstrak. Saat ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika selama proses pembelajaran. Pemberian tes berpikir kreatif pada pokok bahasan segiempat kepada siswa mampu menerikan kesempatan siswa untuk mencari alternatif jawaban atau cara yang berbeda dari yang diajarkan dan menciptakan ide-ide baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masala matematika. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2019/2020 yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty) yang termasuk ke dalam TKBK 4 (sangat kreatif). Hal ini ditunjukkan dengan mampu memberikan beberapa alternatif jawaban berupa kemungkinan bentuk segiempat beserta ukurannya dengan lancar dan benar, mampu melihat permasalahan dengan sudut pandang/pendekatan yang berbeda sehingga dapat memberikan lebih dari satu kemungkinan bentuk segiempat berserta ukurannya, mampu memberikan kemungkinan bentuk segiempat berserta ukurannya yang berbeda dari teman lainnya dan bernilai benar.

Kata kunci: kemampuan, berpikir kreatif, penyelesaian masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Mufidah, I. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat dan Segitga Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa di kelas VII SMPN 1 Driyorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (2), 113-119.

Mursidik, E.M., Nur S., Hendra E.R. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia, 4 (1), 23-33.

Mutaharah, Y.A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan, 2 (1), 63-75.

Nugraheni, H., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikansoal Open-Ended pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Numeracy, 5 (2), 119-133.

Putri, R.I., & Santosa, R.H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2), 262-272.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siswono. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susiana, E. (2010). Ideal Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 1 (2), 73-82.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2644

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.